eprintid: 2062 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/20/62 lastmod: 2012-05-04 16:42:02 status_changed: 2012-05-04 16:42:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: KURNIAWAN NIM: 0346 0522, title: IMPLIKASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS VII SMP DAN MTs DI WILAYAH KABUPATEN TEMANGGUNG ispublished: pub full_text_status: none keywords: Implikasi KTSP, Pembelajaran fisika, Kabupaten Temanggung. note: Pembimbing : Fikri Niyartama, M.Si. abstract: ABSTRAK Penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif (Descriptive research) mengenai Implikasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam pembelajaran fisika kelas VII pada SMP dan MTs di wilayah Kabupaten Temanggung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) Implikasi KTSP dalam pembelajaran fisika kelas VII (b) Kesiapan sarana dan prasarana pembelajaran fisika kelas VII dan (c) Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru-guru fisika kelas VII pada pelaksanaan KTSP dalam kaitannya dengan persiapan, pelaksanaan dan penilaian. Populasi penelitian ini adalah SMP dan MTs di wilayah Kabupaten Temanggung. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah 8 sekolah atau madrasah yang terdiri dari 4 SMP dan 4 MTs, baik negeri maupun swasta. Responden dalam penelitian ini adalah semua guru fisika kelas VII dari 4 SMP dan 4 MTs tersebut, yaitu sebanyak 10 orang guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa kuesioner, angket terbuka dan wawancara. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif, yaitu mengumpulkan hasil dari kuesioner dengan teknik persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implikasi KTSP dalam pembelajaran fisika kelas VII SMP dan MTs di wilayah Kabupaten Temanggung termasuk dalam kategori tinggi dengan rerata persentase sebesar 69,65%. Hal ini didukung dengan sarana dan prasarana pembelajaran fisika kelas VII yang juga termasuk dalam kategori tinggi dengan rerata persentase sebesar 66,44%. Peneliti juga dapat mengungkap kendala-kendala yang dihadapi oleh guru-guru fisika kelas VII dalam implikasi KTSP, yaitu kendala-kendala dalam kaitannya dengan aspek persiapan, pelaksanaan dan penilaian. date: 2009-05-07 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2009-05-07 15:34:29 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--kurniawann-1766-1-kurniawa-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/36/digilib-uinsuka--kurniawann-1766-1-kurniawa-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2144 ; nama file lama : KURNIAWAN 0346 0522 IMPLIKASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1782844 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2009-05-07 15:34:29 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--kurniawann-1766-1-kurniawa-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/36/digilib-uinsuka--kurniawann-1766-1-kurniawa-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2144 ; nama file lama : KURNIAWAN 0346 0522 IMPLIKASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1782844 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: KURNIAWAN NIM: 0346 0522, (2009) IMPLIKASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS VII SMP DAN MTs DI WILAYAH KABUPATEN TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.