%A Laila Nur Azizah NIM: 04430960 %O Pembimbing : Sumaryanta, M. Pd. Niken Wahyu Utami, S.Pd. Si. %T EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE DRILL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PERAN AKTIF DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BENTUK PANGKAT DAN AKAR BILANGAN BULAT SISWA KELAS X MAN I KLATEN TAHUN AJARAN 2008/2009 %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah ada perbedaan peran aktif dan prestasi belajar antara siswa kelas X MAN I Klaten tahun ajaran 2008/2009 yang diajar dengan menggunakan metode drill dan metode konvensional. (2) Seberapa efektif metode drill dibanding metode konvensional dalam meningkakan peran aktif dan prestasi belajar matematika siswa kelas X MAN I Klaten tahun ajaran 2008/2009. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain eksperimen perbandingan kelompok statis. Variabel penelitian terdiri atas 3 variabel, yaitu variabel bebas (A) berupa penggunaan metode drill, dan variable terikat (X,Y) berupa peran aktif dan prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 184 siswa. Pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan system cluster random sampling, diperoleh kelas X.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.6 sebagai kelas kontrol yang dalam tiap kelasnya berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes dan angket. Validitas instrumen penelitian menggunakan validitas isi serta validitas konstruk. Reliabilitas menggunakan alpha cronbach (rtt)= 0.8108 yang berarti instrument yang digunakan mempunyai reliabilitas yang sangat tinggi. Analisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan antara peran aktif dan prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode drill dan metode konvensional. Penggunaan metode drill dalam pembelajaran matematika memiliki kontribusi sebesar 21 % lebih efektif dari metode konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran aktif dan prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode drill lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional. %K Efektifitas, Metode Drill, Peran Aktif, Prestasi Belajar. %D 2009 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib2063