eprintid: 20635 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/06/35 datestamp: 2016-05-12 04:39:52 lastmod: 2016-05-12 04:39:52 status_changed: 2016-05-12 04:39:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MILKHAN BAHRUDDIN KHUDRI, NIM. 08470017 title: RELEVANSI KONSEP PEMIKIRAN MARIA MONTESSORI DALAM BUKU “THE ABSORBENT MIND PIKIRAN YANG MUDAH MENYERAP” DENGAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TENTANG PENDIDIKAN ANAK PRASEKOLAH ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Anak Prasekolah, Konsep Pemikiran Maria Montessori, Konsep Pendidikan Islam note: H. MANGUN BUDIYANTO, M.SI abstract: MILKHAN BAHRUDDIN KHUDRI. Relevansi Pemikiran Maria Montessori Dalam Buku “The Absorbent Mind Pikiran Yang Mudah Menyerap” Dengan Konsep Pendidikan Islam Tentang Pendidikan Anak Prasekolah. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah kenyataan tentang pentingnya Pendidikan Anak prasekolah yang merupakan tempat pertama peletakan dasardasar perilaku seseorang yang berfungsi untuk membentuk karakter seseorang kelak ketika dewasa. Saat ini banyak berkembang tempat Pendidikan Anak Prasekolah yang menawarkan berbagai konsep pendidikan yang dapat membantu perkembangan serta pertumbuhan anak secara optimal. Salah satu konsep pendidikan yang ditawarkan adalah konsep pendidikan Maria Montessori yang merupakan sebuah gagasan pendidikan yang diperkenalkan oleh seorang dokter wanita di Italia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara kritis relevansi antara konsep pemikiran Maria Montessori dengan konsep Pendidikan Islam tentang Pendidikan Anak Prasekolah yang terdapat dalam buku “The Absorbent Mind Pikiran yang Mudah Menyerap”. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research dengan metode pengumpulan data menggunakan metode deskriptif analitik yaitu teknik analisis data dengan menuturkan, menafsirkan, serta mengklasifikasikan dan membandingkan fenomena-fenomena. Hasil dari penelitian ini yaitu, 1) konsep pendidikan anak prasekolah menurut Maria Montessori dalam buku “The Absorbent Mind Pikiran yang Mudah Menyerap” menjelaskan beberapa konsep pemikiran diantaranya adalah konsep perkembangan anak prasekolah, prinsip-prinsip Metode pembelajaran Maria Montessori pada anak prasekolah, Peran Pendidik dan Orang Tua dalam Pembelajaran Anak Prasekolah menurut Montessori, 2) Terdapat relevansi antara konsep pemikiran Maria Montessori dengan Konsep Pendidikan Islam pada Pendidikan Anak Prasekolah. Hal ini terbukti dengan adanya nilai-nilai kreativitas, kemandirian, dan akhlak yang mulia yang terkandung dalam konsep pedidikan Maria Montessori yang dapat mendukung terbentuknya pribadi seorang anak menjadi insan yang bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat dan agama. date: 2016-01-28 date_type: published pages: 111 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MILKHAN BAHRUDDIN KHUDRI, NIM. 08470017 (2016) RELEVANSI KONSEP PEMIKIRAN MARIA MONTESSORI DALAM BUKU “THE ABSORBENT MIND PIKIRAN YANG MUDAH MENYERAP” DENGAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TENTANG PENDIDIKAN ANAK PRASEKOLAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20635/1/08470017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20635/2/08470017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf