%0 Thesis %9 Skripsi %A HASAN FATHURROHMAN, NIM. 10470045 %B FAKULTAS TARBIAH DAN KEGURUAN %D 2016 %F digilib:20644 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Metode, PendidikanTauhid, Psikologi Perkembangan %P 150 %T METODE PENDIDIKAN TAUHID MENURUT AL-GHAZALI DALAM IHYA’‘ULUMIDDIN (ANALISIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20644/ %X Penelitian ini berangkat dari pembahasan al-Ghazali mengenai metode pendidikan tauhid dalam Ihya’ ‘Ulumiddin, yang di dalam perumusannya terdapat pertimbangan-pertimbangan psikologis dalam perkembangan manusia, yang memang sangat memberikan kontribusi besar bagi perumusan suatu metode pendidikan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengeksplorasi dan mendeskripsikan metode-metode pendidikan tauhid al-Ghazali dalam Ihya’ ‘Ulumiddin; dan (2) menganalisis metode-metode pendidikan tauhid al-Ghazali tersebut menurut psikologi perkembangan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah content-analysist. Hasil penelitian ini adalah: (1) ada empat metode pendidikan tauhid yang ditawarkan al-Ghazali dalam Ihya’ ‘Ulumiddin, yaitu: (a) metode talqin, suatu pembimbingan tauhid kepada seseorang sejak usia kanak-kanak, melalui hafalan proposisi ketauhidan yang telah ditentukan sebelumnya. Hal ini dilakukan karena menurut al-Ghazali, secara psikologis seseorang ketika masih kanak-kanak memiliki kemampuan menginternalisasi ketauhidan tanpa memerlukan pertanyaan kritis. Talqin proposisi ketauhidan diyakini akan terbuka makna-makna kebenarannya seiring perkembangan kapasitas kognisi seseorang. Ini adalah tahap penanaman ketauhidan, yang perlu diperkuat; (b) untuk memperkuat tauhid diperlukan metode riyadloh-mujahadah, yaitu pengamalan ajaran-ajaran Islam, penelaahan terhadap al-Quran dan as-Sunnah, dan pergaulan dengan orang-orang dan lingkungan religius. Hal-hal semua itu memberikan dampak kepada ketauhidan seseorang, karena secara psikologis di dalamnya terdapat proses penginternalisasian yang memperkuat ketauhidan; (c) melalui metode kala