<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "METODE PENDIDIKAN TAUHID MENURUT AL-GHAZALI\r\nDALAM IHYA’‘ULUMIDDIN\r\n(ANALISIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN)"^^ . "Penelitian ini berangkat dari pembahasan al-Ghazali mengenai metode\r\npendidikan tauhid dalam Ihya’ ‘Ulumiddin, yang di dalam perumusannya terdapat\r\npertimbangan-pertimbangan psikologis dalam perkembangan manusia, yang\r\nmemang sangat memberikan kontribusi besar bagi perumusan suatu metode\r\npendidikan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengeksplorasi dan\r\nmendeskripsikan metode-metode pendidikan tauhid al-Ghazali dalam Ihya’\r\n‘Ulumiddin; dan (2) menganalisis metode-metode pendidikan tauhid al-Ghazali\r\ntersebut menurut psikologi perkembangan.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research).\r\nPendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologis.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana metode yang digunakan\r\nuntuk menganalisis data adalah content-analysist.\r\nHasil penelitian ini adalah: (1) ada empat metode pendidikan tauhid yang\r\nditawarkan al-Ghazali dalam Ihya’ ‘Ulumiddin, yaitu: (a) metode talqin, suatu\r\npembimbingan tauhid kepada seseorang sejak usia kanak-kanak, melalui hafalan\r\nproposisi ketauhidan yang telah ditentukan sebelumnya. Hal ini dilakukan karena\r\nmenurut al-Ghazali, secara psikologis seseorang ketika masih kanak-kanak\r\nmemiliki kemampuan menginternalisasi ketauhidan tanpa memerlukan pertanyaan\r\nkritis. Talqin proposisi ketauhidan diyakini akan terbuka makna-makna\r\nkebenarannya seiring perkembangan kapasitas kognisi seseorang. Ini adalah tahap\r\npenanaman ketauhidan, yang perlu diperkuat; (b) untuk memperkuat tauhid\r\ndiperlukan metode riyadloh-mujahadah, yaitu pengamalan ajaran-ajaran Islam,\r\npenelaahan terhadap al-Quran dan as-Sunnah, dan pergaulan dengan orang-orang\r\ndan lingkungan religius. Hal-hal semua itu memberikan dampak kepada\r\nketauhidan seseorang, karena secara psikologis di dalamnya terdapat proses\r\npenginternalisasian yang memperkuat ketauhidan; (c) melalui metode kala . "2016-02-06" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 10470045"^^ . "HASAN FATHURROHMAN"^^ . "NIM. 10470045 HASAN FATHURROHMAN"^^ . . . . . . "METODE PENDIDIKAN TAUHID MENURUT AL-GHAZALI\r\nDALAM IHYA’‘ULUMIDDIN\r\n(ANALISIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN) (Text)"^^ . . . . . "10470045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "METODE PENDIDIKAN TAUHID MENURUT AL-GHAZALI\r\nDALAM IHYA’‘ULUMIDDIN\r\n(ANALISIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN) (Text)"^^ . . . . . "METODE PENDIDIKAN TAUHID MENURUT AL-GHAZALI\r\nDALAM IHYA’‘ULUMIDDIN\r\n(ANALISIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN) (Other)"^^ . . . . . . "METODE PENDIDIKAN TAUHID MENURUT AL-GHAZALI\r\nDALAM IHYA’‘ULUMIDDIN\r\n(ANALISIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN) (Other)"^^ . . . . . . "METODE PENDIDIKAN TAUHID MENURUT AL-GHAZALI\r\nDALAM IHYA’‘ULUMIDDIN\r\n(ANALISIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN) (Other)"^^ . . . . . . "METODE PENDIDIKAN TAUHID MENURUT AL-GHAZALI\r\nDALAM IHYA’‘ULUMIDDIN\r\n(ANALISIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN) (Other)"^^ . . . . . . "METODE PENDIDIKAN TAUHID MENURUT AL-GHAZALI\r\nDALAM IHYA’‘ULUMIDDIN\r\n(ANALISIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "METODE PENDIDIKAN TAUHID MENURUT AL-GHAZALI\r\nDALAM IHYA’‘ULUMIDDIN\r\n(ANALISIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "METODE PENDIDIKAN TAUHID MENURUT AL-GHAZALI\r\nDALAM IHYA’‘ULUMIDDIN\r\n(ANALISIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "METODE PENDIDIKAN TAUHID MENURUT AL-GHAZALI\r\nDALAM IHYA’‘ULUMIDDIN\r\n(ANALISIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #20644 \n\nMETODE PENDIDIKAN TAUHID MENURUT AL-GHAZALI \nDALAM IHYA’‘ULUMIDDIN \n(ANALISIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .