%A NIM. 1420420004 AKHMAD YUSRON, S.Pd.I %O Prof. Dr. H. Abd. Rachman Assegaf, M.Ag., %T IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SDN GIWANGAN, UMBULHARJO, YOGYAKARTA %X Kondisi ketidaknyamanan lingkungan yang tergambarkan secara jelas melalui fenomena kabut asap pada tahun lalu, semakin mendesak untuk diselenggarakan Pendidikan karakter yang mengarahkan pembentukan manusia Indonesia yang peduli lingkungan. Untuk itu, pemerintah berupaya menyelenggarakan PLH di lembaga pendidikan yang ada, namun belum dapat dukungan dari segenap penyelenggara pendidikan di Indonesia. Terobosan terkini dari pemerintah dalam penyelenggaraan PLH adalah melalui program Adiwiyata. Program ini mampu memberikan motivasi bagi para penyelenggara pendidikan untuk menerapkannya, dengan pemberian insentif penghargaan “Sekolah Adiwiyata” dengan berbagai tingkatannya. Dalam kerangka inilah penelitian ini diarahkan untuk mengetahui pelaksanaan dan keberhasilan pendidikan karakter anak melalui program ini dengan mengambil lokasi penelitian di SDN Giwangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan alasan untuk memberikan rincian yang kompleks tentang fenomena yang tidak dapat diungkapkan oleh metode kuantitatif dan untuk mendapatkan hasil yang mantap dengan menjadikan peneliti sebagai instrumen penelitian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah pendekatan Psikologi Pendidikan karena objek kajiannya adalah berkaitan dengan kejiwaan dari peserta didik (karakter). Pengambilan sampel atau penentuan sumber data menggunakan Purposive data. Dengan pertimbangan tertentu, penulis memilih peserta didik kelas 5 (lima). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara yang mendalam, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilakukan terus-menerus sampai tuntas, sehingga mencakup data reduction, display data, dan conlusion drawing/verification Temuan penelitian ini adalah: Pertama, peran guru dalam pendidikan karakter anak melalui program Adiwiyata, yaitu; memberikan pemahaman tentang lingkungan, memberikan contoh teladan sikap peduli lingkungan, memberikan motivasi cinta lingkungan, dan memberikan bimbingan dalam kegiatan lingkungan berbasis partisipatif; Kedua, PLH yang dilaksanakan oleh SDN Giwangan, berpijak pada empat komponen program Adiwiyata. Adapun pemenuhan keempat komponen tersebut merupakan cerminan dari integrasi metode-metode pendidikan Karakter, seperti; metode Pendisiplinan, Pembiasaan, Pengkondisian, dan Knowing of Good; Ketiga, keberhasilan internalisasi nilai karakter Peduli Lingkungan diamati melalui; indikator keberhasilan PLH, indikator pencapaian standar komponen program Adiwiyata, dan indikator slogan 5K. %K Pendidikan Karakter, PLH, program Adiwiyata %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib20645