@mastersthesis{digilib20651, month = {April}, title = {MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MI MA?ARIF GIRILOYO II BANTUL YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 1420420013 AUFA, S.Pd.I}, year = {2016}, note = {Dr. Imam Machali M.Pd.}, keywords = {Mutu Pendidikan; Manajemen Kepala Madrasah}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20651/}, abstract = {Latar belakang penelitian adalah tentang Manajemen Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Mutu di MI Ma?arif Giriloyo II Bantul. Penelitian ini mengkaji tiga aspek mendalam yaitu: pertama, bagaimana manajemen kepala madrasah di MI Ma?arif Giriloyo II Bantul. Kedua, bagaimana upaya peningkatan mutu di MI Ma?arif Giriloyo II Bantul. Ketiga, faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat manajemen kepala madrasah dalam peningkatan mutu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian (field research) yang bersifat kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan data utama (primer) dan data tambahan (sekunder). Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik penganalisisan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis data menggunakan model pendekatan interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dengan menggunakan catatan lapangan, reduksi data, display dan verifikasi. Sedangkan untuk keabsahan data diperoleh dengan teknik trianggulasi data dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, manajemen kepala madrasah di MI Ma?arif Giriloyo II Bantul meliputi: educator, manajerial, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivato. kedua, upaya peningkatan mutu pendidikan dilakukan dengan upaya peningkatan profesionalisme guru dengan memberikan peluang kepada para guru untuk melanjutkan studi kejenjang yang lebih tinggi dan mengikut sertakan dalam kegiatan seminar, workshop, dan pelatihan komputer. Memberikan kegiatan keagamaan dan les tamabahan mata pelajaran kepada peserta didik untuk menghadapi ujian nasional. Hal ini dapat dilihat dari ketercapaian prestasi siswa baik dibidang akademik maupun non akademik yang meningkat. Sedangkan untuk meningkatkan kedisiplinan seluruh sivitas akademika dengan adanya finger print dan pencatatan bagi yang terlambat oleh petugas piket, ini diberlakukan bagi siswa dan para guru. ketiga, faktor yang mempengaruhi dalam implementasi manajemen kepala madrasah mencakup faktor: ketersediaan dana, personalia, sarana prasarana dan adanya MI I yang menjadi kendala bagi MI II untuk melakukan inovasi-inovasi yang harus di bagi rata karena dibawah yayasasan yang sama.} }