TY - THES N1 - Dr. Muqowim, M.Ag. ID - digilib20657 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20657/ A1 - ROFITA, S.Pd.I, 1420421034 Y1 - 2016/04/12/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah dikarenakan banyaknya waktu luang yang dimiliki anak sepulang sekolah, pergaulan yang semakin bebas, dan kesibukan para orang tua sehingga kurang memperhatikan anaknya. Oleh karena itu, diperlukan pendidikan formal yang dapat dijadikan wadah bagi anak agar mampu belajar tanpa kehilangan waktu bermainnya. Sekolah sistem full day school merupakan sekolah yang menerapkan sistem belajar sehari penuh yaitu memulai kegiatan pada pukul 07.00 dan berakhir pukul 15.00. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang sistem pembelajaran full day school di SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Mengapa SDIT Salsabila 3 Banguntapan menerapkan system pembelajaran full day school, bagaimana sistem pembelajaran di SDIT Saliabila 3 Banguntapan, bagaimana keberhasilan dalam penerapan sistem full day school di SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Salsabila 3 Banguntapan dan merupakan penelitian lapangan bersifat deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Metode analisis data dengan mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pemeriksaaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa SDIT Salsabila 3 Banguntapan menerapkan sistem pembelajaran full day school karena dibutuhkan rentang waktu yang lebih panjang untuk dapat mengintegrasikan lima pendekatan: pembelajaran yang berpusat pada nilai Islam (Tauhid), pengembangan multi-kecerdasan, belajar dari praktik langsung dan memaknai semua peristiwa sebagai ilmu, proses pembiasaan bagi terbentuknya karakter yang padu, dan proses keteladanan; SDIT Salsabila 3 Banguntapan sudah menerapkan komponen-komponen sistem pembelajaran dengan baik seperti guru yang berkompeten pada bidangnya, tujuan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa, materi yang mengacu pada tiga ranah pengembangan siswa, mengupayakan penggunaan alat pembelajaran secara maksimal, mengupayakan penerapan strategi dan metode pembelajaran sesuai dengan usia perkembangan anak, dan mengevaluasinya; keberhasilan penerapan sistem pembelajaran full day school dapat terlihat dari hasil pembelajaran baik pada rana kognitif, afektif, maupun ranah psikomotoriknya. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - sistem pembelajaran dan full day school. M1 - masters TI - PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN FULL DAY SCHOOL (FDS) DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN AV - restricted EP - 193 ER -