<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah model pembelajaran\r\nkooperatif tipe TPSq dengan kancing gemerincing lebih efektif dibandingkan\r\ndengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi\r\nmatematis siswa, (2) mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe TPSq\r\ndengan kancing gemerincing lebih efektif dibandingkan dengan model\r\npembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa.\r\nJenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent\r\nControl Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model\r\npembelajaran kooperatif tipe TPSq dengan kancing gemerincing, sedangkan\r\nvariabel terikatnya adalah komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa.\r\nPopulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sewon\r\ntahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel yang digunakan\r\nadalah kelas XI MIA 2 dan XI MIA 3. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan\r\npemberian pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis\r\nserta preskala dan postskala untuk mengukur motivasi belajar siswa. Data preskala\r\ndan postskala adalah data ordinal sehingga data diubah terlebih dahulu menjadi data\r\ninterval dengan menggunakan Successed Interval Method (SIM). Analisis data\r\ndilakukan dengan uji Mann-Whitney untuk menganalisis data N-gain tes\r\nkomunikasi matematis dan N-gain skala motivasi.\r\nHasil uji Mann-Whitney untuk data N-gain tes komunikasi matematis dengan\r\ntingkat signifikansi 0,05, diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak.\r\nArtinya model pembelajaran kooperatif tipe TPSq dengan kancing gemerincing\r\nlebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap\r\nkemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sewon. Hasil uji\r\nMann-Whitney untuk data N-gain skala motivasi dengan tingkat signifikansi 0,05,\r\ndiperoleh nilai sig. 0,842 ≥ 0,05 sehingga H0 diterima. Artinya model pembelajaran\r\nkooperatif tipe TPSq dengan kancing gemerincing tidak lebih efektif dibandingkan\r\ndengan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa kelas XI\r\ndi SMA Negeri 1 Sewon.\r\nKata kunci: TPSq, kancing gemerincing, komunikasi matematis, motivasi belajar"^^ . "2016-04-07" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "Fakultas Sains dan Teknologi, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 11600006"^^ . "ZULKHARIASTI"^^ . "NIM. 11600006 ZULKHARIASTI"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI (Text)"^^ . . . . . "11600006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI (Text)"^^ . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #20659 \n\nEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Matematika" . .