eprintid: 20660 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/06/60 datestamp: 2016-05-16 02:23:46 lastmod: 2016-05-16 02:23:46 status_changed: 2016-05-16 02:23:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NOORAIDA, NIM. 11470089 title: PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP PEMBANGUNAN BANTUL YOGYAKARTA T.A 2015/2016I ispublished: pub subjects: BA divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Guru Bimbingan dan Konseling, Kedisiplinan Belajar note: Dr. NA’IMAH, M. Hum abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi kedisiplinan siswa, peran guru bimbingan dan konseling terhadap kedisiplinan siswa serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung kedisiplinan belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Pembangunan Bantul Yoyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang diarahkan pada field research (Penelitian Lapangan) yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian adalah guru BK, siswa kelas VIII serta wali kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Pembangunan Bantul Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah peran guru BK serta informasi, strategi dan program bimbingan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII. Alat pengumpulan data meliputi kegiatan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif-analitik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peran guru BK terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VIII SMP Pembangunan adalah dengan: (a) membimbing dan mengarahkan para siswanya untuk mengenali dirinya sendiri, terkait minat dan potensi apa yang dimiliki para siswa tersebut (b) memberikan informasi dan arahan tentang berbagai macam kedisiplinan yang harus dijalankan oleh siswa (c) memberikan motivasi kepada siswa yang kurang maksimal dalam belajar hingga siswa mampu belajar dengan sendirinya. (2) Program bimbingan dan konseling yang diberikan kepada siswa sangat membantu siswa dalam belajar. (3) Hasil dari bimbingan disiplin belajar yang diberikan dapat dilihat dari siswa SMP Pembangunan yang berhasil ketika mengikuti lomba-lomba di luar sekolah. date: 2016-04-13 date_type: published pages: 171 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NOORAIDA, NIM. 11470089 (2016) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP PEMBANGUNAN BANTUL YOGYAKARTA T.A 2015/2016I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20660/1/11470089_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20660/2/11470089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf