eprintid: 20663 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/06/63 datestamp: 2016-06-02 01:37:03 lastmod: 2016-06-02 01:37:03 status_changed: 2016-06-02 01:37:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MI’ROJ MUNTOHA, NIM. 11600052 title: PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL RECIPROCAL TEACHING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Kemampuan Literasi Matematis, Disposisi Matematis, Model Reciprocal Teaching. note: Dr. Ibrahim, M.Pd. abstract: Fokus utama penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan siswa dikarenakan pembelajaran yang kurang memfasilitasi kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa. Model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa adalah model reciprocal teaching. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya interaksi antara pembelajaran model reciprocal teaching dan kemampuan awal matematis terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis siswa, serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model reciprocal teaching dibandingkan peningkatan kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan the nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP N 9 Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan siswa kelas VII B tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan skala disposisi (prescale dan postscale) serta tes kemampuan literasi matematis (pretest dan posttest). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial meliputi uji anova dua jalur dan uji-t satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh gabungan (interaksi) antara pembelajaran dan Kemampuan Awal Matematis (KAM) terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis, serta peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan Model Reciprocal Teaching tidak lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata kunci: Kemampuan Literasi Matematis, Disposisi Matematis, Model Reciprocal Teaching. date: 2016-04-05 date_type: published pages: 368 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MI’ROJ MUNTOHA, NIM. 11600052 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL RECIPROCAL TEACHING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20663/1/11600052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20663/2/11600052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf