@phdthesis{digilib20665, month = {January}, title = {PENGEMBANGAN MODUL FISIKA KONSEPTUAL MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI MAN LAB UIN YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM 08690057 NURUL ARDIANSYAH}, year = {2016}, note = {Joko Purwanto, M.Sc}, keywords = {Modul, Fisika Konseptual, Materi Usaha dan Energi.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20665/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan 1) Mengembangkan modul fisika konseptual materi usaha dan energi untuk peserta didik kelas XI MAN Lab UIN Yogyakarta 2) Mengetahui kualitas modul fisika konseptual materi usaha dan energi untuk peserta didik kelas XI MAN Lab UIN Yogyakarta berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru fisika, 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap modul fisika konseptual materi usaha dan energi untuk peserta didik kelas XI MAN Lab UIN Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian R\&D dengan model prosedural yang mengadaptasi prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang dapat dilakukan lebih sederhana menurut Tim Puslitjaknov yang melibatkan 5 langkah utama yaitu (1) melakukan analisis produk yang dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (5) uji coba skala besar dan produk akhir. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap uji coba skala kecil dan revisi. Instrumen penelitian berupa, lembar validasi modul dan instrumen penilaian, lembar penilaian kualitas modul fisika untuk ahli materi, media, dan guru SMA/MA yaitu menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Instrumen untuk peserta didik yaitu menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Hasil penelitian yang telah dikembangkan berupa modul fisika konseptual materi usaha dan energi untuk peserta didik kelas XI MAN Lab UIN Yogyakarta. Kualitas modul fisika konseptual yang dikembangkan menurut ahli materi, ahli media memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan masing-masing rerata skor 3,75 dan 3,29. Sedangkan penilaian dari guru fisika memiliki kualitas Baik (B) dengan rerata skor 3,22. Respon siswa dari modul fisika yang dikembangkan adalah Setuju. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul fisika yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar fisika di MAN Lab UIN Yogyakarta. Kata kunci: Modul, Fisika Konseptual, Materi Usaha dan Energi.} }