%0 Thesis %9 Skripsi %A ALI LUBIS ZAENINUR, NIM. 08690068 %B Fakultas Sains dan Teknologi %D 2016 %F digilib:20666 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Modul IPA, Integrasi-interkoneksi, Cahaya %P 162 %T PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI PADA MATERI CAHAYA UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20666/ %X Penelitian ini bertujuan 1) Menghasilkan modul IPA berbasis integrasiinterkoneksi pada materi cahaya untuk siswa SMP/MTs kelas VIII 2) Mengetahui kualitas modul IPA berbasis integrasi-interkoneksi pada materi cahaya untuk siswa SMP/MTs kelas VIII 3) Mengetahui respon siswa terhadap modul IPA berbasis integrasi-interkoneksi pada materi cahaya untuk siswa SMP/MTs kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model prosedural yang mengadaptasi prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang dapat dilakukan dengan lebih sederhana menurut Tim Puslitjaknov yang melibatkan 5 langkah utama yaitu (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi dan revisi, (4) uji coba skala kecil dan revisi produk, serta (5) uji coba skala besar dan produk akhir. Penelitian ini dilakukan pada tahap uji coba skala kecil. Instumen penelitian berupa lembar validasi, lembar penilaian kualitas modul IPA berbasis integrasiinterkoneksi untuk ahli materi, ahli media, ahli integrasi-interkoneksi, dan guru IPA SMP/MTs yaitu menggunakan skala Likert yang dibuat dalm bentuk checklist. Instrumen lembar respon siswa untuk siswa SMP/MTs yaitu menggunakan skala Guttman yang dibuat dalm bentuk checklist. Hasil penelitian yang telah dikembangkan yaitu, modul IPA berbasis integrasi-interkoneksi pada materi cahaya untuk siswa SMP/MTs kelas VIII. Kualitas modul IPA berbasis integrasi-interkoneksi yang dikembangkan menurut tim penilai memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan nilai rata-rata dari masingmasing penilai adalah: ahli materi 3,80 (SB), ahli media 3,19 (B), ahli intgrasiinterkoneksi 3,67 (SB), dan Guru IPA SMP/MTs 3,44 (SB). Respon siswa terhadap modul IPA berbasis integrasi-interkoneksi memiliki kategori Setuju (S) dengan nilai sebesar 0,96 pada uji coba skala kecil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul IPA berbasis integrasi-interkoneksi yang dikembangkan dapat menjadi bahan ajar untuk siswa SMP/MTs Kelas VIII. Kata Kunci: Modul IPA, Integrasi-interkoneksi, Cahaya %Z Joko Purwanto, M.Sc