@phdthesis{digilib20675, month = {March}, title = {PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERMUATAN KEISLAMAN PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS VII MTs/SMP}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 11680001 MUJI NUR HAYATI}, year = {2016}, note = {Lela Susilawati, S.Pd., M.Si}, keywords = {Modul, Klasifikasi Makhluk Hidup, Muatan Keislaman, dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20675/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul biologi materi klasifikasi makhluk hidup bermuatan keislaman untuk siswa kelas VII MTs/ SMP dan mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R \& D) dengan menggunakan model ADDIE melalui 3 tahap yaitu Analysis, Design, dan Development. Instrumen penilaian produk dan respon siswa berupa lembar angket yang terdiri dari 5 komponen yaitu materi, kebahasaan, kegrafikan, keterlaksanaan, dan penyajian. Tahap validasi dilakukan oleh 1 ahli media, 1 ahli materi, dan 4 peer reviewer. Uji terbatas penilaian keterbacaan dilakukan oleh 2 guru IPA MTs dan 29 siswa MTs kelas VII. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif. Hasil penelitian dari tiap penilai dikonversi menjadi data kuantitatif, kemudian dirata-rata dan dibuat persentase sehingga diketahui kualitas modul. Kualitas modul menurut penilaian ahli materi, ahli media, peer reviewer, dan guru IPA MTs berkategori sangat baik dengan persentase keidealan berturut-turut 92 \%, 87,7 \%, 89,13 \%, dan 84,35\%. Adapun respon siswa mendapatkan kategori sangat setuju dengan persentase penilaian 86,76\%. Produk yang dikembangkan perlu diimplementasikan untuk mengetahui kelayakan produk, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar siswa kelas VII MTs/SMP. Kata Kunci : Modul, Klasifikasi Makhluk Hidup, Muatan Keislaman, dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).} }