eprintid: 20679 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/06/79 datestamp: 2016-05-16 04:23:16 lastmod: 2016-05-16 04:23:16 status_changed: 2016-05-16 04:23:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: UMI ZAINAF, NIM. 11470160 title: UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KALASAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: kepala sekolah dan kedisiplin note: Dr. IMAM MACHALI, M. Pd abstract: Latar belakang penelitian ini berawal dari permasalahan kedisiplinan di SMK Muhammadiyah 1 Kalasan yang merupakan sekolah pelayaran dengan corak kependidikan militer. Sehingga kedisiplinan merupakan ciri utama dari sekolah tersebut. Untuk menanamkan kedisiplinan kepada siswa tidak terlepas dari upaya yang dilakukan kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan siswa di SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Yogyakarta, upaya kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, faktor penghambat dan pendukung dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, serta hasil penananman nilai-nilai kedisiplinan di SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang penelitian lapangannya (field research) dilaksanakan dengan mengambil latar belakang SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan berdasarkan dari pengumpulan data yang kemudian direduksi data, selanjutnya penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang sering melanggar peraturan dan tata tertib merupakan siswa tingkat pertama. Dibuktikan dengan catatan ketertiban yang dilakukan setiap apel pagi dan siang. Keterlambatan siswa merupakan pelanggaran yang sering terjadi. Upaya kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan antara lain membuat peraturan dan tata tertib sekolah, menerapkan kedisiplinan melalui pembiasaan, tanggung jawab, membentuk struktur ketarunaan, serta mengintruksikan kepada para guru dan pegawai lainnya juga ikut serta berperan. Faktor pendukung adalah kerjasama antar personil sekolah, pakaian seragam dan perlengkapannya, adanya bimbingan dari TNI dan Polisi. Faktor penghambat adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai dan kepemimpinan kepala sekolah dan guru yang otoriter. Terbukti di semester gasal bulan Agustus 2015 sebanyak 4,6 % siswa datang terlambat ke sekolah, 3,6 % tidak melengkapi atribut dan 0,7 % bolos sekolah. Pada semester genap bulan Februari 2016 siswa yang datang terlambat sebanyak 1,4 %, yang tidak melengkapi atribut sebanyak 1,1 % dan 0,1 % yang bolos sekolah serta mampu meminimalisir terjadinya pelanggaran siswa saat proses belajar mengajar dilaksanakan. date: 2016-04-01 date_type: published pages: 138 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: UMI ZAINAF, NIM. 11470160 (2016) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KALASAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20679/1/11470160_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20679/2/11470160_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf