%A NOVI NUR HAYATI NIM: 04451090 %O Pembimbing : Satino, M.Si. %T METODE GUIDED INQUIRY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DAN PENGELOLAAN LIMBAH SISWA KELAS X MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2007/2008 %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran Biologi dengan menggunakan metode guided inquiry pada materi Pencemaran Lingkungan dan Pengelolaan Limbah pada siswa kelas X semester II MA Wahid Hasyim; (2) Mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa melalui penerapan metode guided inquiry; (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif Biologi siswa melalui penerapan metode guided inquiry pada tiap siklusnya. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X semester II MA Wahid Hasyim tahun pelajaran 2007/2008. Data yang dikumpulkan berupa data kemandirian belajar siswa dan nilai pre-test dan post-test siklus I dan II. Data kemandirian belajar siswa diambil dengan cara observasi dan dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentase masing-masing aspek dalam kemandirian belajar. Data hasil belajar kognitif diambil dengan pre-test dan post-test siklus I dan siklus II dan ditabulasikan dalam bentuk rata-rata kelas. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa dapat diketahui dengan effect size yaitu selisih antara nilai rerata post-test siklus II dengan nilai rerata post-test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode guided inquiry dapat diterapkan pada pembelajaran Biologi materi Pencemaran Lingkungan dan Pengelolaan Limbah pada siswa kelas X semester II MA Wahid Hasyim tahun pelajaran 2007/2008. Metode guided inquiry juga dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar kognitif siswa kelas X semester II MA Wahid Hasyim. Peningkatan kemandirian belajar siswa dapat dilihat dari masing-masing aspek kemandirian yang meliputi aspek motivasi naik sebesar 21,875 %, inisiatif dan kreatif naik sebesar 40 %, tanggung jawab naik sebesar 34,375 %, aspek disiplin naik sebesar 65,625 %, dan aspek yang terakhir adalah percaya diri naik sebesar 40,625 %. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effect size 0,21875 %K Guided inquiry, kemandirian, belajar, kognitif, dan MA Wahid Hasyim. %D 2009 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib2068