eprintid: 2068 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/20/68 datestamp: 2024-12-04 08:54:40 lastmod: 2024-12-04 08:56:35 status_changed: 2012-05-04 16:42:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NOVI NUR HAYATI, NIM.: 04451090 title: METODE GUIDED INQUIRY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DAN PENGELOLAAN LIMBAH SISWA KELAS X MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2007/2008 ispublished: pub subjects: 570.7 divisions: jur_bio full_text_status: restricted keywords: Guided inquiry, kemandirian, belajar, kognitif, dan MA Wahid Hasyim. note: Pembimbing : Satino, M.Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran Biologi dengan menggunakan metode guided inquiry pada materi Pencemaran Lingkungan dan Pengelolaan Limbah pada siswa kelas X semester II MA Wahid Hasyim; (2) Mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa melalui penerapan metode guided inquiry; (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif Biologi siswa melalui penerapan metode guided inquiry pada tiap siklusnya. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X semester II MA Wahid Hasyim tahun pelajaran 2007/2008. Data yang dikumpulkan berupa data kemandirian belajar siswa dan nilai pre-test dan post-test siklus I dan II. Data kemandirian belajar siswa diambil dengan cara observasi dan dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentase masing-masing aspek dalam kemandirian belajar. Data hasil belajar kognitif diambil dengan pre-test dan post-test siklus I dan siklus II dan ditabulasikan dalam bentuk rata-rata kelas. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa dapat diketahui dengan effect size yaitu selisih antara nilai rerata post-test siklus II dengan nilai rerata post-test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode guided inquiry dapat diterapkan pada pembelajaran Biologi materi Pencemaran Lingkungan dan Pengelolaan Limbah pada siswa kelas X semester II MA Wahid Hasyim tahun pelajaran 2007/2008. Metode guided inquiry juga dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar kognitif siswa kelas X semester II MA Wahid Hasyim. Peningkatan kemandirian belajar siswa dapat dilihat dari masing-masing aspek kemandirian yang meliputi aspek motivasi naik sebesar 21,875 %, inisiatif dan kreatif naik sebesar 40 %, tanggung jawab naik sebesar 34,375 %, aspek disiplin naik sebesar 65,625 %, dan aspek yang terakhir adalah percaya diri naik sebesar 40,625 %. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effect size 0,21875 date: 2008-10-16 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2009-05-08 10:05:20 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--novinurhay-1772-1-novinur-i.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/36/digilib-uinsuka--novinurhay-1772-1-novinur-i.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2149 ; nama file lama : NOVI NUR HAYATI 04451090 METODE GUIDED INQUIRY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2152999 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2009-05-08 10:05:20 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--novinurhay-1772-1-novinur-i.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/36/digilib-uinsuka--novinurhay-1772-1-novinur-i.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2149 ; nama file lama : NOVI NUR HAYATI 04451090 METODE GUIDED INQUIRY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2152999 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: NOVI NUR HAYATI, NIM.: 04451090 (2008) METODE GUIDED INQUIRY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DAN PENGELOLAAN LIMBAH SISWA KELAS X MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2068/1/BAB%20I%20DAN%20TERAKHIR.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2068/2/BAB%20II%20SAMPAI%20SEBELUM%20BAB%20TERAKHIR.pdf