%A NIM: 1420310042 MUZAKKIR %O Dr. Moh. Thantowi, M. Ag %T AT-TAS’ĪR AL-‘ADL DI PASAR SENI SESELA GUNUNGSARI LOMBOK BARAT PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM %X Penelitian ini mengkaji proses penentuan dan mekanisme harga di pasar Sesela Gunungsari Lombok Barat. Mekanisme pasar seni Sesela yang berbeda dengan pasar pada umumnya memiliki pengaruh dan dampak terhadap pola transaksi, pembayaran, penentuan harga, dan bussines ethics yang dijalankan. Fokus penelitian ini setidaknya menjawab dua persoalan, yaitu: 1) Bagaimana mekanisme Al-Tasʻīr Al-‘Adl dalam transaksi di pasar seni Sesela Gunungsari Lombok Barat NTB?, 2) Bagaimana Al-Tasʻīr Al-‘Adl di pasar seni Sesela Gunungsari Lombok Barat NTB perspektif etika bisnis Islam? Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif-analitis dengan menggunakan pola pendekatan hukum dan etika. Ada dua teori yang menjadi landasan penelitian ini, yaitu teori Al-Tasʻīr Al-‘Adl yang digagas oleh Ibn Taimiyah dan Ibn Khaldun guna menganalisis dari aspek hukum, dan teori Al- Ghazali untuk menganalisis aspek etika. Keseluruhan temuan penelitian diperoleh melalui pengumpulan data dengan melakukan: (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa mekanisme yang terjadi di pasar seni Sesela mencerminkan proses penentuan harga yang sudah sesuai dengan aturan hukum Islam. Pemberlakuan Al-Tasʻīr secara kasuistis bertujuan menjaga stabilitas ekonomi dan harmonisasi pasar serta pihak-pihak yang terkait demi terwujudnya kemaslahatan dan kesejahteraan bersama. Di samping itu, adanya upaya aktualisasi dan operasionalisasi konsep Al-Tasʻīr Al-‘Adl yang diberlakukan di pasar seni Sesela menunjukkan adanya penerapan nilai-nilai etika bisnis Islam. Internalisasi nilai-nilai keadilan, ihsan, transparan, dan kejujuran yang diterapkan dalam melakukan penentuan harga menjadi indikasi bahwa penentuan harga dilakukan secara baik tanpa melanggar etika bisnis dan prinsip-prinsip dalam bermuamalah. Kata Kunci: Al-Tasʻīr Al-‘Adl, Pasar Seni, dan Etika Bisnis Islam %K Al-Tasʻīr Al-‘Adl, Pasar Seni, dan Etika Bisnis Islam %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib20714