eprintid: 2072 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/20/72 lastmod: 2012-05-04 16:42:03 status_changed: 2012-05-04 16:42:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NUR ISMAH NIM: 04430976, title: IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROBLEM POSING DALAM MEWUJUDKAN ACTIVE, JOYFULL, EFFECTIVE LEARNING (AJEL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN WONOKROMO BANTUL (PENELITIAN TINDAKAN KELAS) ispublished: pub full_text_status: none keywords: Pendekatan problem posing, pembelajaran matematika, dan Active, Joyfull, dan Effective Learning (AJEL). note: Pembimbing : Drs. H. Sedyo Santoso, S.S., M.Pd. Sri Utami Zuliana, S.Si. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan pembelajaran aktif (active), menyenangkan (joyfull), dan efektif (effective ) pada pembelajaran matematika Kelas X MAN Wonokromo Bantul. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi siswa dan guru agar termotivasi dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas X6 MAN Wonokromo Bantul tahun ajaran 2007/2008. Jumlah siswa 26 orang. Pelaksana metode adalah guru dan peneliti berperan sebagai observer. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar angket guru dan siswa, lembar observasi guru dan siswa, jurnal harian, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan melalui beberapa tahapan yaitu tahap reduksi data, trianggulasi, dan display data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan Problem posing ternyata dapat mewujudkan pembelajaran aktif sebesar 71.09 %, menyenangkan sebesar 69.35 %, dan efektif sebesar 71.09 % dalam pembelajaran matematika pada kelas X6 MAN Wonokromo Bantul. date: 2009-05-08 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2009-05-08 10:34:06 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nurismahni-1775-1-nurisma-l.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/36/digilib-uinsuka--nurismahni-1775-1-nurisma-l.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2152 ; nama file lama : NUR ISMAH 04430976 IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROBLEM POSING DALAM MEWUJUDKAN ACTIVE, JOYFULL, EFFECTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN WONOKROMO BANTUL.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1935974 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2009-05-08 10:34:06 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nurismahni-1775-1-nurisma-l.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/36/digilib-uinsuka--nurismahni-1775-1-nurisma-l.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2152 ; nama file lama : NUR ISMAH 04430976 IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROBLEM POSING DALAM MEWUJUDKAN ACTIVE, JOYFULL, EFFECTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN WONOKROMO BANTUL.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1935974 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: NUR ISMAH NIM: 04430976, (2009) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROBLEM POSING DALAM MEWUJUDKAN ACTIVE, JOYFULL, EFFECTIVE LEARNING (AJEL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN WONOKROMO BANTUL (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.