TY - THES N1 - Prof. Dr. H. Muhammad, M.Ag. ID - digilib20727 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20727/ A1 - RINI IDAYANTI, NIM: 1420310098 Y1 - 2016/03/28/ N2 - Perkembangan Bank Syari?ah di Indonesia hinga saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Namun, belum seiring perkembangan bank Syari?ah dengan pemahaman masyarakat tentang sistem operasional bank Syari?ah khususnya pada pembiayaan. Begitupun dengan market share bank syariah yang masih minim ketika dibandingkan dengan bank konvensional. Hal tersebut tidak lepas dari rendahnya promosi dan kualifikasi sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan. Dengan demikian promosi dan kualifikasi sumber daya manusia tidak akan berjalan optimal tanpa ada biaya yang dikeluarkan oleh pihak bank tersebut. Maka dari itu, perlu pengakajian penelitian sehingga hal tersebut dapat teratasi. Jadi penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya promosi dan biaya pendidikan & pelatihan baik secara persial maupun simultan terhadap pembiayaan bank umum Syari?ah di Indonesia. Berdasarkan pada tujuan penelitian tersebut diatas, maka menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syari?ah di Indonesia. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, di mana perbankan Syari?ah dalam waktu penelitian sudah menjadi bank umum Syari?ah dan telah mempublikasikan laporan keuangan tahunan selama periode tahun 2010-2014. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari web resmi bank yang bersangkutan ataupun artikel berkaitan dengan penelitian ini. Data-data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan alat analisis statistik yaitu uji regresi linier berganda, uji asumsi klasik yang meliputi uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, uji multikolonieritas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara persial variabel biaya promosi (0,001 < 0,05) berpengaruh positif signifikan terhadap total pembiayaan bank umum Syari?ah. Sedangkan biaya pendidikan & pelatihan (0,808 > 0,05) berpengaruh tidak signifikan terhadap total pembiayaan. Selanjutnya secara simultan biaya promosi dan biaya pendidikan & pelatihan (0,000 < 0,05) berpengaruh terhadap total pembiayaan bank umum Syari?ah. Adapun nilai Adjusted R Square sebesar 79% variabel total pembiayaan dapat dijelaskan oleh variabel biaya promosi dan biaya pendidikan & pelatihan, sedangkan sisanya 21% adalah pengaruh dari variabel lain yang tidak dijelaskan oleh penelitian ini. Temuan ini dapat dijadikan sebagai tuntunan dan lebih berhati-hati dalam menetapkan biaya yang ditetapkan dalam kegiatan promosi dan pendidikan & pelatihan SDM bank umum Syari?ah di Indonesia. Kata kunci: pembiayaan, biaya promosi, biaya pendidikan& pelatihan, dan bank umum Syari?ah di Indonesia. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - pembiayaan KW - biaya promosi KW - biaya pendidikan& pelatihan KW - dan bank umum Syari?ah di Indonesia. M1 - masters TI - ANALISIS PENGARUH BIAYA PROMOSI DAN BIAYA PENDIDIKAN & PELATIHAN PADA PEMBIAYAAN BANK UMUM SYARI?AH DI INDONESIA AV - restricted EP - 152 ER -