eprintid: 2076 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/20/76 lastmod: 2012-05-04 16:42:03 status_changed: 2012-05-04 16:42:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NUR KHASANAH NIM: 04430995, title: IMPLEMENTASI METODE PERMAINAN SEBAGAI UPAYA MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN DAN MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH JOGOKARIYAN YOGYAKARTA ispublished: pub full_text_status: none keywords: Metode permainan, pembelajaran matematika yang menyenangkan, prestasi belajar, dan siklus. note: Pembimbing : Drs. H. Sedya Santosa, S.S., M.Pd. Niken Wahyu Utami S.Pd.Si. abstract: ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan pembelajaran matematika yang menyenangkan dan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III SD Muhammadiyah Jogokariyan Yogyakarta dengan penerapan metode permainan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Muhammadiyah Jogokariyan Yogyakarta yang berjumlah 14 orang dan guru mata pelajaran matematika kelas III SD Muhammadiyah Jogokariyan Yogyakarta. Obyek penelitian ini adalah proses penerapan metode permainan. Penelitian dilakukan dalam 3 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 6-7 jam pelajaran dan terbagi dalam 9 kali pertemuan. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar dengan data pembanding yaitu hasil observasi secara langsung selama proses kegiatan pembelajaran, hasil wawancara siswa dan guru, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan metode permainan, yaitu berupa permainan gerak dan permainan peraga dengan media kartu bilangan, pembelajaran matematika yang menyenangkan di kelas III SD Muhammadiyah Jogokariyan Yogyakarta dapat terwujud serta prestasi belajar matematika siswa kelas III SD Muhammadiyah Jogokariyan Yogyakarta meningkat. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata hasil observasi pembelajaran yang termasuk dalam kategori baik, yaitu terhadap guru sebesar 78,47 % dan terhadap siswa sebesar 89,90 % serta rata-rata hasil tes belajar siswa pada setiap siklus yang selalu meningkat jika dibandingkan dengan kemampuan awal, yaitu dengan peningkatan sebesar 10.75% untuk siklus I, 21.28 % untuk siklus II, dan 22.87% untuk siklus III. date: 2009-05-08 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2009-05-08 11:15:21 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nurkhasana-1780-1-nurkhas-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/36/digilib-uinsuka--nurkhasana-1780-1-nurkhas-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2157 ; nama file lama : NUR KHASANAH 04430995 IMPLEMENTASI METODE PERMAINAN SEBAGAI UPAYA MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 3007820 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2009-05-08 11:15:21 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nurkhasana-1780-1-nurkhas-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/36/digilib-uinsuka--nurkhasana-1780-1-nurkhas-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2157 ; nama file lama : NUR KHASANAH 04430995 IMPLEMENTASI METODE PERMAINAN SEBAGAI UPAYA MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 3007820 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: NUR KHASANAH NIM: 04430995, (2009) IMPLEMENTASI METODE PERMAINAN SEBAGAI UPAYA MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN DAN MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH JOGOKARIYAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.