%0 Thesis %9 Skripsi %A DINI DAHLIA 7, NIM. 1249006 %B FAKULTAS TARBIAH DAN KEGURUAN %D 2016 %F digilib:20771 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Manajemen SDM, Pengembangan SDM %P 134 %T MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (ASATIDZ) DI RUMAH TAHFIDZQU DERESAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20771/ %X Fakta kondisi kemajuan Rumah TahfidzQu Deresan Yogyakarta menuntut adanya upaya pengembangan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pengembangan SDM yang meliputi kegiatan perencanaan, implementasi dan evaluasi pengembangan terhadap SDM, yaitu tenaga pengajar (asatidz) di lingkungan Rumah TahfidzQu Deresan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di Rumah TahfidzQu Deresan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi berperan serta (participant observation), wawancara mendalam (in depth interview) dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Teknik penentuan validitas dan keabsahan data dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik serta disandarkan pada teori. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tahapan perencanaan pengembangan sumber daya manusia (asatidz) di Rumah TahfidzQu Deresan ditempuh melalui 3 (tiga) tahapan, sebagai berikut: a) Analisis kebutuhan pengembangan; b) Penentuan tujuan pengembangan; dan c) Perumusan strategi pengembangan. (2) Implementasi pengembangan sumber daya manusia (asatidz) di Rumah TahfidzQu Deresan dilaksanakan melalui program – program sebagai berikut: a) Rekrutmen SDM; b) Pelatihan/up grading; c) Setoran hafalan; d) Studi banding; e) Kajian keilmuan; dan f) Pembinaan SDM. (3) Evaluasi proses pengembangan sumber daya manusia (asatidz) di Rumah TahfidzQu Deresan menekankan pada 2 (dua) aspek, sebagai berikut: 1) kemampuan asatidz dalam bidang tahsin dan tahfidz; dan 2) perubahan perilaku asatidz dalam mengemban peran dan tanggung jawabnya. Sedangkan evaluasi terhadap hasil pengembangannya meliputi 3 (tiga) aspek berikut ini: 1) kedisiplinan asatidz; 2) metode pembelajarn dan 3) pemberian motivasi %Z Drs. MISBAH ULMUNIR, M.Si