eprintid: 20792 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/07/92 datestamp: 2016-05-25 01:42:09 lastmod: 2016-05-25 01:42:09 status_changed: 2016-05-25 01:42:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: UMI LATIFAH, NIM . 11480001 title: IMPLEMENTASI KURIKULUM MEMBATIK DI MI MA’ARIF GIRILOYO 1 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016 ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Kurikulum Membatik note: ANDI PRASTOWO, M. Pd. I, abstract: Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan organisasi, tahap-tahap serta faktor penghambat dan pendukung implementasi kurikulum membatik di MI Ma’arif Giriloyo 1 Bantul tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang MI Ma’arif Giriloyo 1 Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, reduksi data dengan memilih dan memfokuskan data yang penting, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi menunjukkan bahwa organisasi kurikulum membatik di MI Ma’arif Giriloyo 1 Bantul dalam bentuk: tujuan yaitu mengenalkan batik kepada peserta didik, materi yang diajarkan adalah batik tulis, metode yang digunakan dalam pembelajaran Membatik adalah ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan penugasan, serata evaluasi yang digunakan adalah penilaian formatif dan sumatif. Tahap-tahap dalam implementasi kurikulum membatik di MI Ma’arif Giriloyo 1 Bantul dibagi menjadi tiga yaitu pengembangan program, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar. Faktor penghambat implementasi kurikulum membatik di MI Ma’arif Giriloyo 1 Bantul adalah kurangnya jam pelajaran, jumlah peralatan yang tidak seimbang dengan jumlah peserta didik, dan tidak ada laboratorium khusus untuk praktek membatik. Sedangkan faktor pendukung implementasi kurikulum membatik di MI Ma’arif Giriloyo 1 Bantul adalah lingkungan masyarakat, minat siswa yang tinggi untuk mengikuti pembelajaran membatik, dukungan semua pihak baik dari kepala sekolah dan guru, adanya fasilitas Gazebo, dan guru yang terlatih atau profesional yaitu guru yang sudah bisa membatik dan sudah mengikuti latihan-latihan dalam membatik. date: 2016-04-13 date_type: published pages: 275 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: UMI LATIFAH, NIM . 11480001 (2016) IMPLEMENTASI KURIKULUM MEMBATIK DI MI MA’ARIF GIRILOYO 1 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20792/1/11480001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20792/2/11480001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf