%A NIM. 11210103 SUSI SUSILAWATI %O Dr. H. Akhmad Rifa’i, M.Phil %T FACEBOOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STUDI KOMUNIKASI CYBERCOMMUNITY PADA FANPAGE DIAN PELANGI) %X Kecanggihan teknologi yang semakin berkembang pada abad ke-21 ini membuat dakwah menjadi lebih mudah untuk disampaikan. Perkembangan teknologi ini mengubah teroi-teori komunikasi tatap muka menjadi teori baru dalam komunikasi bermedia komputer. Tidak diperlukan lagi ruangan atau mimbar, cukup berada di depan layar virtual, dakwah dapat tersampaikan dengan efisien. Media virtual yang sangat fenomena dengan jumlah pengguna terbesar di Indonesia adalah jejaring sosial facebook. Sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan facebook untuk mencurahkan apa yang ada dalam pikirannya. Bahkan bukan hanya update status tentang diri, tetapi juga menyeru kepada al- Islam (dakwah). Salah satu pengguna facebook sebagai media dakwah adalah masyarakat komunitas virtual (cybercommunity) pada fanpage Dian Pelangi. Keunikan dalam jejaring sosial facebook ini, individu memiliki otoritas dalam memproduksi teks sehingga menyebabkan perbedaan makna dan berakibat pada perilaku yang berbeda dalam menanggapi posting-an di fanpage Dian Pelangi. Penelitian yang berjudul “Facebook Sebagai Media Dakwah (Studi Komunikasi Cybercommunity Pada Fanpage Dian Pelangi) ini hadir dalam rangka memberikan pencerahan permasalahan di atas. Dalam hal ini, penulis mengkaji komunikasi cybercommunity dalam menyampaikan dakwahnya pada posting-an artikel atau foto tentang jilbab di fanpage Dian Pelangi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan berdasarkan teori komunikasi, teori perspektif CMC dan teori interaksi simbolik. Kesimpulannya, cybercommunity fanpage Dian Pelangi mempunyai perilaku komunikasi yang beragam, hal tersebut disebabkan oleh pemaknaan yang berbeda oleh masing-masing individu siber. Perbedaan pemaknaan tersebut disebabkan oleh pengetahuan, pengalaman, serta sumber bahasa yang mereka jadikan acuan dalam memakanai sebuah teks atau foto yang merupakan simbol. Dalam hal ini perilaku komunikasi cybercommunity Fanpage Dian Pelangi penulis kategorikan menjadi tiga perilaku masyarakat siber yaitu konservatif, liberal dan moderat Kata Kunci: Facebook, Dakwah, Fanpage Dian Pelangi, Komunikasi Cybercommunity %K Facebook, Dakwah, Fanpage Dian Pelangi, Komunikasi Cybercommunity %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib20796