@phdthesis{digilib2080, month = {May}, title = {PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI DENGAN MEMBUAT RINGKASAN BERFORMAT MINI-MAGZ DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI PELAJARAN EKOSISTEM (Studi Kasus Siswa Kelas VII Semester II MTsN Sumberagung Jetis Bantul)}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { SHODIQ AZHARI NIM: 0345 0466-02}, year = {2009}, note = {Pembimbing : Arifah Khusnuryani, M.Si.}, keywords = {pembelajaran kooperatif tipe STAD, mini-magz, minat, prestasi belajar vi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2080/}, abstract = { ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai dengan membuat ringkasan berformat mini-magz terhadap prestasi belajar biologi, pengaruh antara siswa yang memiliki minat belajar biologi yang tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar biologi, dan membuktikan adanya interaksi antara penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai dengan membuat ringkasan berformat mini-magz dan minat belajar biologi terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VII semester II MTsN Sumberagung Jetis Bantul tahun ajaran 2007/2008. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester II MTsN Sumberagung Jetis Bantul tahun ajaran 2007/2008. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Dari dua kelas yang ada kemudian diundi dan diperoleh hasil kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang diberi metode pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai dengan membuat ringkasan berformat mini-magz dan kelas VII A sebagai kelas kontrol (diberi metode pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai dengan membuat ringkasan konvensional). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Uji validitas instrumen menggunakan logical analysis yaitu content validity dan face validity, uji hipotesis menggunakan uji anava dua jalan dengan desain faktorial 2x2 dan uji prasyarat untuk normalitas menggunakan uji Chi-Kuadrat sedangkan untuk uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Uji hipotesis pertama menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai dengan membuat ringkasan berformat mini-magz terhadap prestasi belajar biologi (Fhitung 53,598 Ftabel 3,99). Uji hipotesis kedua menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada siswa yang memiliki minat belajar biologi yang tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar biologi (Fhitung 793,758 Ftabel 7,08). Uji hipotesis ketiga menunjukkan adanya interaksi antara penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai dengan membuat ringkasan berformat mini-magz dan minat belajar Biologi terhadap prestasi belajar siswa (Fhitung 10,509 Ftabel 3,99) } }