TY - THES N1 - ANDI PRASTOWO, S.Pd.I., M. Pd.I., ID - digilib20802 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20802/ A1 - ADI HASTOMO, NIM. 11480026 Y1 - 2016/04/06/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation) yang dibatasi sampai tahap development (pengembangan). Tahap analisis (analysis) dilakukan melalui wawancara prapenelitian dan analisis kebutuhan (kompetensi, karakteristik, intruksional). Tahap perancangan (design) meliputi pembuatan alur pengembangan media dan pembuatan konsep media. Tahap pengembangan (development) meliputi tahap pembuatan video klip, pengkonsultasian video klip kepada dosen pembimbing, para ahli (ahli materi, media, seni musik), peer reviewer, dan penilaian respon peserta didik. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar skala penilaian yang berisi 16 aspek dan 37 kriteria penilaian (Dosen Ahli), 14 aspek dan 29 kriteria penilaian (Peer Reviewer), dan lembar angket respon untuk memperoleh data respon peserta didik. Hasil penilaian ini berupa data kuantitatif (berupa nilai kategori) kemudian dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas Video Klip Lagumatika. Media yang dikembangkan dikemas dalam bentuk CD Album Pembelajaran Video Klip Lagumatika yang terdiri dari empat video klip. Empat Video klip yang dihasilkan yaitu, video klip ?Ayo Bernyanyi? (materi luas trapesium), video klip ?Meraih Mimpi? (materi luas layang-layang), video klip ?Belajar Bersama? (materi volume kubus), dan video klip ?Kolam Ikan? (materi volume balok). Media video klip ini dibuat dengan menggunakan konsep hiburan, sehingga mampu menarik minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran Matematika. Produk akhir Video Klip Lagumatika yang dikembangkan berdasarkan penilaian dari tiga dosen ahli memperoleh persentase keidealan sebesar 88,65% (Sangat Baik), berdasarkan penilaian peer reviewer memperoleh persentase keidealan sebesar 92,68% (Sangat Baik), dan memperoleh respon positif peserta didik sebesar 76,74%. Dengan demikian, Video Klip Lagumatika yang dikembangkan dapat digunakan oleh guru sebagai media dalam proses pembelajaran, serta dapat digunakan oleh peserta didik sebagai media belajar. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Penelitian Pengembangan KW - Media Pembelajaran Matematika KW - Video Klip Lagumatika M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN VIDEO KLIP LAGUMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MI/SD AV - restricted EP - 223 ER -