<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAN PENDEKATAN\r\nKETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nDIVERGEN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI\r\nEKOSISTEM KELAS X MAN GANDEKAN BANTUL\r\nYOGYAKARTA TA 2010/2011"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) pengaruh pendekatan\r\nkonstruktivisme terhadap kemampuan berpikir divergen; (2) pengaruh pendekatan\r\nkonstruktivisme terhadap hasil belajar; (3) pengaruh pendekatan keterampilan\r\nproses terhadap kemampuan berpikir divergen; (4) pengaruh pendekatan\r\nketerampilan proses terhadap hasil belajar.\r\nJenis penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment atau\r\neksperimen semu. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas berupa\r\npembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme dan pendekatan keterampilan\r\nproses sedangkan variabel terikat berupa kemampuan berpikir divergen dan hasil\r\nbelajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terbagi\r\nmenjadi 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling.\r\nDidapatkan kelas X3 sebagai kelas eksperimen dengan pendekatan keterampilan\r\nproses, kelas X4 sebagai kelas eksperimen dengan pendekatan konstruktivisme\r\ndan kelas X5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes\r\n(pretest-posttest) dan lembar observasi. Analisis kemampuan berpikir divergen\r\nmenggunakan analisis uji non parametrik dengan Kruskal Wallis, sedangkan hasil\r\nbelajar siswa dianalisis dengan uji anava yang dilanjutkan dengan uji Scheffe’s.\r\nBerdasarkan hasil penelitian dan analisis, maka dapat diketahui pengaruh\r\nyang signifikan pada pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan berpikir\r\ndivergen menunjukkan hasil perbedaan rerata sebesar 16,40860 6,62016\r\nsehingga H0 ditolak. Pengaruh yang signifikan pada pendekatan konstruktivisme\r\nterhadap hasil belajar menunjukkan perbedaan rerata sebesar 1,979 dengan\r\nsignifikansi 0,000 sehingga H0 ditolak. Pengaruh yang signifikan pada pendekatan\r\nketerampilan proses terhadap kemampuan berpikir divergen menunjukkan hasil\r\nperbedaan rerata sebesar 14,32006 6,51417 sehingga H0 ditolak. Pengaruh yang\r\nsignifikan pada pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar\r\nmenunjukkan perbedaan rerata sebesar 2,733 dengan signifikansi 0,000 sehingga\r\nH0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan; (1) pendekatan konstruktivisme\r\nberpengaruh terhadap kemampuan berpikir divergen; (2) pendekatan\r\nkonstruktivisme berpengaruh terhadap hasil belajar; (3) pendekatan keterampilan\r\nproses berpengaruh terhadap kemampuan berpikir divergen; (4) pendekatan\r\nketerampilan proses berpengaruh terhadap hasil belajar."^^ . "2011-10-27" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 07680009"^^ . "PUJI ASTUTI"^^ . "NIM. 07680009 PUJI ASTUTI"^^ . . . . . . "PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAN PENDEKATAN\r\nKETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nDIVERGEN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI\r\nEKOSISTEM KELAS X MAN GANDEKAN BANTUL\r\nYOGYAKARTA TA 2010/2011 (Text)"^^ . . . "PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAN PENDEKATAN\r\nKETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nDIVERGEN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI\r\nEKOSISTEM KELAS X MAN GANDEKAN BANTUL\r\nYOGYAKARTA TA 2010/2011 (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAN PENDEKATAN\r\nKETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nDIVERGEN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI\r\nEKOSISTEM KELAS X MAN GANDEKAN BANTUL\r\nYOGYAKARTA TA 2010/2011 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAN PENDEKATAN\r\nKETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nDIVERGEN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI\r\nEKOSISTEM KELAS X MAN GANDEKAN BANTUL\r\nYOGYAKARTA TA 2010/2011 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAN PENDEKATAN\r\nKETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nDIVERGEN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI\r\nEKOSISTEM KELAS X MAN GANDEKAN BANTUL\r\nYOGYAKARTA TA 2010/2011 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAN PENDEKATAN\r\nKETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nDIVERGEN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI\r\nEKOSISTEM KELAS X MAN GANDEKAN BANTUL\r\nYOGYAKARTA TA 2010/2011 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAN PENDEKATAN\r\nKETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nDIVERGEN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI\r\nEKOSISTEM KELAS X MAN GANDEKAN BANTUL\r\nYOGYAKARTA TA 2010/2011 (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAN PENDEKATAN\r\nKETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nDIVERGEN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI\r\nEKOSISTEM KELAS X MAN GANDEKAN BANTUL\r\nYOGYAKARTA TA 2010/2011 (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAN PENDEKATAN\r\nKETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nDIVERGEN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI\r\nEKOSISTEM KELAS X MAN GANDEKAN BANTUL\r\nYOGYAKARTA TA 2010/2011 (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAN PENDEKATAN\r\nKETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nDIVERGEN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI\r\nEKOSISTEM KELAS X MAN GANDEKAN BANTUL\r\nYOGYAKARTA TA 2010/2011 (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #20809 \n\nPENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAN PENDEKATAN \nKETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR \nDIVERGEN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI \nEKOSISTEM KELAS X MAN GANDEKAN BANTUL \nYOGYAKARTA TA 2010/2011\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Biologi" . .