%0 Thesis %9 Skripsi %A NUR IMAM KHABIBI, NIM 10230005 %B Fakultas Dakwah dan Komunikasi %D 2016 %F digilib:20827 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Strategi Fundraising Rumah Pintar Pijoengan, Sentra Unit Usaha. %P 119 %T STRATEGI FUNDRAISING DI RUMAH PINTAR PIJOENGAN DESA SRIMARTANI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20827/ %X Nur Imam Khabibi, 10230005. Strategi Fundraising di Rumah Pintar Pijoengan Desa Srimartani Piyugan Bantul Yogyakarta. Pembimbing Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, M.Si, Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Rumah Pintar Pijoengan yang berada di Desa Srimartani, Piyungan, Bantul, Yogyakarta menjadi lembaga swadaya masyarakat yang melakukan pemberdayaan melalui program dalam bentuk pendidikan, sosial dan kesehatan. Selama ini Rumah Pintar Pijoengan mendapat banyak penghargaan diantaranya mendapat predikat sebagai Rumah Pintar Terbaik di Indonesia pada tahun 2014 oleh Kemdikbud (kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan mereka dibantu oleh BAZNAS pusat sebagai donatur dari segi operasional (pendanaan). Namun sejak tahun 2014 Rumah Pintar Pijoengan tidak lagi didanai oleh BAZNAS dan menjadi lembaga yang mandiri Berdasarkan latarbelakang tersebut peneliti mengkaji bagaimana strategi pengelolaan fundraising yang dilakukan sehingga dapat menghasilkan dana untuk keberlangsungan program yang ada. Kemudian bagaimana hasil dari kegiatan fundraising. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Pintar Pijoengan tidak tergantung bantuan dari pihak luar namun mengandalkan sentra yang ada dan membuat unit usaha untuk pembiayaan. Hasil dari fundraising Rumah Pinntar Pijoengan selama berjalan sebagai lembaga yang mandiri menunjukan hasil yang positif, dimana pada tahun 2014 mendapat pemasukan sebesar Rp 50.573.750,-. Pendapatan tersebut membantu 42.1% dari seluruh kebutuhan Rumah Pintar Pijoengan selama tahun 2014, untuk kekurangannya menggunakan dana simpanan pada tahun sebelumnya dan pengelola Rumah Pintar Pijoengan. Monitoring dan evaluasi program dilakukan untuk mempebaiki kekurangan dari strategi fundraising dan menciptakan ide strategi fundraising yang baru untuk hasil yang lebih baik demi perjalanan kedepannya sebagai lembaga sosial yang mandiri. Kata kunci: Strategi Fundraising Rumah Pintar Pijoengan, Sentra Unit Usaha. %Z Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, M.Si.