<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "CHRISTOPH LUXEMBERG TENTANG ORISINALITAS AL-QUR’AN\r\n(STUDI ATAS BUKU THE SYRO-ARAMAIC READING OF THE KORAN)"^^ . "Orisinalitas dan otentisitas merupakan salah satu wacana penting yang\r\ndiperbincangkan oleh al-Qur’an. Hal ini bisa dilihat dalam empat kelompok ayat: (1)\r\nayat-ayat penetapan al-Qur’an sebagai kalam Allah, (2) rekaman ayat-ayat tuduhan al-\r\nQur’an (sebagai perkataan manusia biasa, syair, sihir, ucapan pendusta, orang gila, atau\r\nmantra rapal seorang dukun dan lain sebagainya), (3) ayat-ayat sanggahan, dan (4) ayatayat\r\ntantangan (tahaddi). Wacana ini terus bergulir hingga kajian al-Qur’an di dunia\r\nBarat. Orisinalitas dan otentisitas masih berdengung dalam pemikiran yang\r\nmenyandarkan asal-usul al-Qur’an, baik pada tradisi dan kitab suci Yahudi, Kristen,\r\nkeduanya, atau lainnya. Di antara sekian wacana tersebut, adalah Christoph Luxenberg\r\nyang menulis Die syro-aramäische Lesart des Koran: Ein Beitrag zur Entschlüsselung\r\nder Koransprache. Melalui buku ini Luxenberg mengumumkan banyak hal: bahwa al-\r\nQur’an tidak ditulis dalam bahasa Arab klasik, tetapi dalam suatu bahasa campuran\r\nArab-Syiria. Isinya adalah terjemahan dari liturgi ajaran dan literatur Kristen di Syiria.\r\nTransmisinya tidak lisan, tapi tulisan. Semua hal ini tidak dipahami oleh umat Muslim,\r\nsehingga seluruh tradisi penafsiran al-Qur’an melenceng dan gagal mengungkap makna\r\nyang sebenarnya dituju oleh al-Qur’an. Akumulasi masalah ini, menurut Luxenberg,\r\nbisa diselesaikan dengan proyek pembacaan ulang terhadap al-Qur’an dalam bahasa\r\nSyiria-Aramaik. Tema inilah yang dibahas tesis ini dengan dua rumusan masalah: (1)\r\nBagaimana Pemikiran Christoph Luxenberg mengenai orisinalitas al-Qur’an dalam\r\nbuku The Syro-Aramaic Reading of The Koran Reading? dan (2) Bagaimana posisi\r\npemikiran tersebut dalam sejarah Kesarjanaan al-Qur’an di Barat? Analisanya akan\r\nbersifat kepustakaan, diolah menggunakan metode deskriptif-interpretatif, dan diteliti\r\ndengan pendekatan historis-filosofis. Semua ini ada di dalam bab pertama.\r\nBab kedua menguraikan sejarah kajian al-Qur’an di Barat dari masa ke masa. Ini\r\ndibagi dalam dua periode utama: (1) Masa sebelum tahun 1800 dengan karatketer yang\r\ncenderung homogen, anti-qur’anik, dan (2) Masa setelah Abad Pencerahan, dengan\r\nkeragaman motif, metode, sudut pandang, dan kesimpulan masing-masing.\r\nSetelah memberikan konteks pembahasan, penulis mulai mendeskripsikan\r\nChristoph Luxenberg dan terutama karyanya Die syro-aramäische Lesart des Koran\r\ndalam bab ketiga; mulai dari informasi di seputar buku, latar belakang ide pembacaan\r\nulang, referensi yang digunakan, metode, sistematika pembahasan, format penyajian\r\nanalisa, hingga kerja analitis Luxenberg. Semua yang berada di balik cetus pemikiran\r\nyang disebut dalam bab pertama.\r\nDeskripsi ini dianalisa dalam bab keempat, dengan menempatkan enam kritik:\r\n(1) kritik pendekatan reduksionis, (2) kritik metode, (3) kritik ideologi kristenisasi, (4)\r\nkritik spektrum pengaruh Aramaik, (5) kritik teori asal-usul al-Qur’an, dan (6) kritik\r\nsuperioritas orientalisme.\r\nSeluruh pembahasan akhirnya mengerucut dalam kesimpulan pada bab kelima,\r\nbahwa: (1) pemikiran Luxenberg tentang asal-usul, isi, bahasa, transmisi, dan\r\npemahaman tentang al-Qur’an yang sangat bertentangan dengan pandangan tradisional,\r\n(2) bangun pemikiran revisionis Luxenberg bersifat reduksionis, atomistik, noninterdisipliner,\r\nterjebak pada etymological fallacy, tidak konsisten, ideologis, revisionis\r\nradikal yang mengusung ide urtext, revivalis pemikiran Gunter Luling dan Tor Andrae,\r\nserta kental dengan nilai superioritas orientalisme. Ada lima kontribusi Luxenberg: (1)\r\nkesadaran rumpun bahasa al-Qur’an, (2) kesadaran lingkungan keagmaan yang\r\nberkembang dalam masa al-Qur’an turun, (3) kesadaran detail sejarah konsep kenabian\r\ndi tanah Arab, (4) kajian kosa kata asing di dalam al-Qur’an, dan (5) kesadaran kajian\r\ngharib al-Qur’an."^^ . "2016-03-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1120510026"^^ . "ABUL HARIS AKBAR, S THI"^^ . "NIM. 1120510026 ABUL HARIS AKBAR, S THI"^^ . . . . . . "CHRISTOPH LUXEMBERG TENTANG ORISINALITAS AL-QUR’AN\r\n(STUDI ATAS BUKU THE SYRO-ARAMAIC READING OF THE KORAN) (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "CHRISTOPH LUXEMBERG TENTANG ORISINALITAS AL-QUR’AN\r\n(STUDI ATAS BUKU THE SYRO-ARAMAIC READING OF THE KORAN) (Text)"^^ . . . "CHRISTOPH LUXEMBERG TENTANG ORISINALITAS AL-QUR’AN\r\n(STUDI ATAS BUKU THE SYRO-ARAMAIC READING OF THE KORAN) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "CHRISTOPH LUXEMBERG TENTANG ORISINALITAS AL-QUR’AN\r\n(STUDI ATAS BUKU THE SYRO-ARAMAIC READING OF THE KORAN) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "CHRISTOPH LUXEMBERG TENTANG ORISINALITAS AL-QUR’AN\r\n(STUDI ATAS BUKU THE SYRO-ARAMAIC READING OF THE KORAN) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "CHRISTOPH LUXEMBERG TENTANG ORISINALITAS AL-QUR’AN\r\n(STUDI ATAS BUKU THE SYRO-ARAMAIC READING OF THE KORAN) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "CHRISTOPH LUXEMBERG TENTANG ORISINALITAS AL-QUR’AN\r\n(STUDI ATAS BUKU THE SYRO-ARAMAIC READING OF THE KORAN) (Other)"^^ . . . . . . "CHRISTOPH LUXEMBERG TENTANG ORISINALITAS AL-QUR’AN\r\n(STUDI ATAS BUKU THE SYRO-ARAMAIC READING OF THE KORAN) (Other)"^^ . . . . . . "CHRISTOPH LUXEMBERG TENTANG ORISINALITAS AL-QUR’AN\r\n(STUDI ATAS BUKU THE SYRO-ARAMAIC READING OF THE KORAN) (Other)"^^ . . . . . . "CHRISTOPH LUXEMBERG TENTANG ORISINALITAS AL-QUR’AN\r\n(STUDI ATAS BUKU THE SYRO-ARAMAIC READING OF THE KORAN) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #20884 \n\nCHRISTOPH LUXEMBERG TENTANG ORISINALITAS AL-QUR’AN \n(STUDI ATAS BUKU THE SYRO-ARAMAIC READING OF THE KORAN)\n\n" . "text/html" . . . "Agama Dan Filsafat" . .