eprintid: 20892 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/08/92 datestamp: 2016-06-01 00:48:42 lastmod: 2016-06-01 00:48:42 status_changed: 2016-06-01 00:48:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ABDUS SALAM, NIM. 1120411022 title: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014) ispublished: pub subjects: pba divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: komik, kosa kata, berbicara, Bahasa Arab note: Dr. Abdul Munip, M.Ag abstract: ABDUS SALAM (NIM.1120411022). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Penguasaan Kosakata dan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab (Studi Eksperimen di Kelas IV SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014). Tesis. Program Studi Pendidikan Islam. Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2015. Hasil belajar siswa untuk mata pelajaran Bahasa Arab di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta tergolong masih rendah. Hal tersebut dikarenakan dalam pembelajaran Bahasa Arab masih menggunakan metode konvensional yang kurang menarik dan membangun minat siswa. Pembelajaran konvensional cenderung memaksakan siswa mengikuti materi sesuai yang terdapat dalam buku teks. Penggunaan metode ini dirasakan kurang efektif, alternatif metode yang dapat digunakan agar pembelajaran lebih bermakna, menarik, menyenangkan siswa adalah dengan menggunakan media komik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan kosakata dan keterampilan berbicara Bahasa Arab antara siswa yang dibelajarkan menggunakan media komik dengan siswa yang dibelajarkan metode konvensional. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penguasaan kosakata dan keterampilan berbicara Bahasa Arab antara siswa yang dibelajarkan menggunakan media komik dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif sebanyak 20 soal tes kosakata dan 20 soal tes kemampuan berbicara Bahasa Arab. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhamamdiyah Sapen tahun pelajaran 2013/2014. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 246 siswa yaitu kelas IV CI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 23 orang dan IV CI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 22 orang. Dalam pembelajarannya, kelas eksperimen menggunakan metode komik sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data pretest dan posttest. Uji hipotesis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (Uji t). Berdasarkan hasil pengolahan data akhir (posttest) diperoleh nilai rata-rata dari kelompok eksperimen penguasaan kota sebesar 84.17 dan kelompok kontrol sebesar 77.36. Sedangkan nilai rata-rata dari kelompok eksperimen keterampilan berbicara sebesar 82.08 dan kelompok kontrol sebesar 71.81. Hasil uji hipotesis uji t menunjukan bahwa dengan taraf signifikansi 95 % dan derajat kebebasan (db) 43 t (7,061) t (2,0167), ini berarti uji hipotesis uji t adalah Ho ditolak dan H₁ diterima. date: 2016-03-28 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PROGRAM PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: ABDUS SALAM, NIM. 1120411022 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20892/1/1120411022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20892/2/1120411022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf