%0 Thesis %9 Masters %A MIR’ATUN NUR ARIFAH, SPDI, NIM. 1420410086 %B PROGRAM PASCASARJANA %D 2016 %F digilib:20899 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Internalisasi Nilai, Lingkungan Kerja, Pembinaan, Karyawan %T INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM BAGI KARYAWAN DI LINGKUNGAN KERJA (STUDI ATAS PEMBINAAN KEAGAMAAN DI WAROENG STEAK AND SHAKE CABANG PANDEGA KARYA, YOGYAKARTA) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20899/ %X Mir’atun Nur Arifah: Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam bagi Karyawan di Lingkungan Kerja (Studi atas Pembinaan Keagamaan di Waroeng Steak and Shake Cabang Pandega Karya, Yogyakarta) Islam sebagai agama merupakan petunjuk dan pedoman dalam kehidupan manusia sudah seharusnya bisa diberikan pada tiap jenjang usia manusia baik anak-anak maupun orang dewasa. Namun yang terjadi saat ini adalah pendidikan Islam lebih banyak diberikan hanya di bangku sekolah saja. Padahal pendidikan Islam masih sangat memungkinkan apabila diberikan di lingkungan kerja karena Pendidikan Islam tidak hanya sekedar memberikan pengetahuan atau keterampilan yang berkaitan dengan urusan ibadah atau ketuhanan, tetapi memiliki kaitan dengan seluruh aspek kehidupan manusia. Pada penelitian ini, peneliti menemukan keunikan dari Waroeng Steak and Shake yang merupakan salah satu lini usaha dari Waroeng Group terkait pendidikan Islam yang dilaksanakan disana. Perusahaan ini menjadi satu-satunya perusahaan di Yogyakarta yang memberikan pendidikan Islam melalui pembinaan keagamaan kepada karyawannya yang terintegrasi dengan segala kebijakan yang dimiliki oleh perusahaan. Beberapa teori yang berbicara terkait internalisasi nilai di lingkungan kerja, diantaranya adalah teori tentang pendidikan Islam, yaitu terkait kurikulum pendidikan Islam, hakikat pendidik dan peserta didik dalam pendidikan Islam, serta nilai-nilai pendidikan Islam. Pada penelitian ini juga menggunakan teori strategi internalisasi nilai seperti yang dikemukakan oleh Maragustam dan Neong Muhajir. Teori terkait strategi ini kemudian dikombinasikan dengan teori pendidikan orang dewasa yang menjelaskan tentang asumsi dasar pembelajaran orang dewasa, karakteristik orang dewasa dalam belajar, dan faktor yang mempengaruhi pembelajaran orang dewasa. Penelitian yang peneliti lakukan adalah mengenai internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam bagi karyawan di Waroeng Steak and Shake cabang Pandega Karya dengan meneliti kegiatan pembinaan keagamaan yang dilaksanakan disana. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah melakukan analisis dari data-data yang sudah terkumpul, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa terlaksananya kegiatan pembinaan keagamaan pada karyawan ini adalah karena kesadaran owner untuk membina akhlak karyawannya setelah melihat masih kurangnya akhlak baik dan rendahnya kedisiplinan yang dimiliki oleh karyawan. Nilai yang diinternalisasikan melalui program pembinaan karyawan adalah amal saleh, menghargai waktu, senang berbuat baik, insting bertanding dan bersaing, mencintai ilmu, disiplin, kerja keras dan bertanggung jawab, sabar, serta sopan santun. Keberhasilan internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam di Waroeng Steak and Shake cabang Pandega Karya sudah tercapai dengan baik. Hal ini secara umum nampak dalam diri karyawan sehari-hari yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan. %Z Prof. Dr. H. Maragustam Siregar, M.A.