%0 Thesis %9 Masters %A PRINTA KUSUMASTUTI, SPDI, NIM. 1420411010 %B PROGRAM PASCASARJANA %D 2016 %F digilib:20903 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K pendidikan multikultural, kompetensi spiritual, kurikulum 2013 %T PENDIDIKAN MULTIKULTURAL OLEH GURU BEDA AGAMA DALAM MENANAMKAN KOMPETENSI SPIRITUAL SISWA DI SMP N 1 KASIHAN BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20903/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) penerapan pendidikan multikultural oleh guru beda agama dalam menanamkan kompetensi spiritual 2) problematika penerapan pendidikan multikultural dalam menanamkan kompetensi spiritual peserta didik 3) upaya sekolah mengatasi problematika penerapan pendidikan multikultural oleh guru beda agama dalam menanamkan kompetensi spiritual peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru, dan siswa SMP N 1 Kasihan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilengkapi dengan daftar pertanyaan. Semua data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan interpretasi yang didahului dengan trianggulasi untuk mengetahui keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pendidikan multikultural dalam kompetensi spiritual oleh guru beda agama di SMP N 1 Kasihan dapat dilihat dari implementasi ibadah dalam pembelajaran, implementasi spiritual dalam proses pembelajaran, integrasi spiritual dalam materi pelajaran dan penilaian kompetensi spiritual. (2) problematika penerapan pendidikan multikultural dalam menanamkan kompetensi spiritual peserta didik adalah proses pembelajaran yang condong kepada agama mayoritas, respon negatif dari teman sejawat terhadap guru minoritas, dan pendidikan multikultural yang masih belum sepenuhnya diterima siswa. (3) upaya mengatasi problematika penerapan pendidikan multikultural oleh guru beda agama dalam menanamkan kompetensi spiritual peserta didik. adalah dengan mengubah kebijakan di sekolah yang cenderung mengutamakan mayoritas. %Z Ro’fah, M.A.,Ph.D