eprintid: 2093 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/20/93 lastmod: 2012-05-04 16:42:05 status_changed: 2012-05-04 16:42:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: IMRON MUSLIMIN NIM. 04410693, title: PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs NEGERI BANTUL KOTA ispublished: pub full_text_status: none keywords: Pembelajaran, Kurikulum, Pendiidkan, Fiqih note: Pembimbing : Dr. Sangkot Sirait, M.Ag. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum tingkat satuan pendidikan pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri Bantul Kota serta faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, dengan mengambil setting di MTs Negeri Bantul Kota. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan, wawancara, observasi, dan penulusuran dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskrptip analitik yaitu mendeskripsikan dan menganalisa semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian ini. Penulis menggunakan Metode Triangulasi Data. Untuk pendekatan penelitian, penulis menggunakan pendekatan kurikulum. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pelaksanaan pembelajaran berbasis KTSP pada mata pelajaran fiqih di MTs N Bantul Kota yang terjadi di kelas VII belum maksimal. Hal ini terbukti guru dalam melaksanakan penyusunan silabus, penyusunan RPP, kegiatan pembelajaran serta penilaian pembelajaran masih ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan diantaranya adalah, pertama, dalam proses penyusunan silabus dan RPP masih belum maksimal. Informan/guru belum memperhatikan langkah serta hal-hal yang menjadi pertimbangan dalam penyusunan keduanya. Kedua, metode yang digunakan informan/guru masih lebih banyak hafalan sehingga pembentukan kompetensi masih kurang maksimal. Ketiga, media pembelajaran yang ada di madrasah belum dimaksimalkan.(2) Faktor pendukung pembelajaran fiqih yang dominan adalah adanya kerjasama yang apik antar semua warga MTs N Bantul Kota, persiapan yang cukup matang dalam menghadapi implementasi KTSP, media pembelajaran yang memadai serta program-program yang disusun oleh madrasah seperti program keagamaan dan shalat berjamaah. Adapun faktor penghambatnya adalah; pertama, guru masih kurang memahami teori tentang KTSP, misalnya guru belum terlau paham mengenai rumus penentuan indikator. Kedua, metode yang digunakan oleh guru masih lebih banyak metode hafalan, akibatnya pembelajaran tidak mampu mengakomodir keberagaman peserta didik. Ketiga, lingkungan tempat tinggal siswa yang masih awam sehingga belum ada dukungan dari orang tua terhadap pembentukan karakter peserta didik. date: 2009-05-08 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2009-05-08 13:58:34 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--imronmusli-1800-1-imronmu-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/36/digilib-uinsuka--imronmusli-1800-1-imronmu-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2175 ; nama file lama : IMRON MUSLIMIN 04410693 PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs NEGERI BANTUL KOTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 482521 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2009-05-08 13:58:34 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--imronmusli-1800-1-imronmu-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/36/digilib-uinsuka--imronmusli-1800-1-imronmu-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2175 ; nama file lama : IMRON MUSLIMIN 04410693 PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs NEGERI BANTUL KOTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 482521 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: IMRON MUSLIMIN NIM. 04410693, (2009) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs NEGERI BANTUL KOTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.