TY - THES N1 - Afiati Handayu DF, S.Pd., M.Pd. ID - digilib20951 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20951/ A1 - WAHYU DWI SAPUTRA, NIM. 13130006 Y1 - 2016/06/29/ N2 - penyedia segala bahan pustaka yang dibutuhkan oleh pemakai.Selain itu, hakikat layanan menurut Istiana (2014 : 8) perpustakaan juga harus memiliki beberapa unsur penting yang dapat dibagi sebagai berikut: staf atau pustakawan, koleksi atau informasi, Ketiga sarana dan prasarana, pengguna atau pemustaka. Selain beberapa unsur tersebut menurut Istiana (2014 : 13) ada tiga sistem layanan perpustakaan yaitu sistem layana terbuka, sistem layanan tertutup, dan sistem layanan campuran. Selanjutnya dari ketiga sistem layanan tersebut dapat dibagi lagi menjadi sebagai berikut : layanan sirkulasi, layanan referensi, layanan penelusuran informasi, layanan pendidikan pemakai, layanan cetak dan alih media, layanan ruang baca, layanan audio visual, dan layanan internet. Semua layanan yang telah disebutkan memiliki prosedur dan tatacara pelaksanaan yang berbeda pada setiap perpustakaan sekolah namun memiliki satu fungsi yang sama yaitu sebagai sarana penyedia informasi bagi seluruh sivitas akademika disuatu sekolah. Sesuai dengan Undang-Undang Perpuatakaan (UU RI Nomor 43 Tahun 2007) (2007 : 13) pada Bagian Ketiga Perpuatakaan Sekolah/Madrasah Pasal 23 Butir 4 disebutkan bahwa perpustakaan sekolah/madrasah melayani peserta didik pendidikan kesetaraan yang dilaksanakan dilingkungan satuan pendidikan yang bersangkutan. Dengan pernyataan tersebut semakin menekankan bahwa tugas perpustakaan sekolah ialah melayani seluruh peserta didik dalam penyediaan informasi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Layanan KW - Perpustakaan M1 - lapd3 TI - LAYANAN DI PERPUSTAKAAN SMA MUHAMMADIYAH 2YOGYAKARTA AV - restricted EP - 91 ER -