%0 Thesis %9 Laporan D3 %A PUSPO ASRIATI, NIM. 13130012 %B FAKULTAS ADAB DAN BUDAYA %D 2016 %F digilib:20953 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Minat Baca, Perpustakaan %P 99 %T MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN SD NEGERI GLAGAH YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20953/ %X Keberadaan perpustakaan sekolah memiliki arti besar dalam mengembangkan sikap senang membaca bagi siswa. Untuk membangun budaya membaca, bukan sekedar menyediakan buku atau ruang baca, melainkan membangun pemikiran, perilaku, dan budaya dari yang tidak suka menjadi suka membaca. Membaca akan menjadi suatu kebutuhan apabila kita selalu ingin mengetahui isi dari suatu bacaan. Sebanyak apapun bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan, jika minat baca siswa rendah maka bahan pustaka yang ada di perpustakaan tidak akan berguna, sebaliknya apabila bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan sedikit, namun minat baca siswa tinggi maka bahan pustaka yang ada di perpustakaan akan sangat bermanfaat. Sehingga manfaat dari perpustakaan tergantung dari minat baca siswa. Minat baca siswa di SD Negeri Glagah Yogyakarta kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari data peminjaman bahan pustaka di perpustakaan yang masih sedikit dibandingkan dengan jumlah siswa yang ada. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi minat baca siswa di SD Negeri Glagah Yogyakarta yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat %Z Dr. Nurdin Laughu., S.Ag., SS., MA.,