@phdthesis{digilib20966, month = {June}, title = {PRESERVASI DAN KONSERVASI KOLEKSI CETAK DI PERPUSTAKAAN SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 13130031 ITSNA HUSNI FAJRI}, year = {2016}, note = {Afiati Handayu DF, S.Pd., M.Pd.}, keywords = {Konservasi, Preservasi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20966/}, abstract = {preservation) dalam bukunya Martoatmodjo (2010:1.1) adalah semua aspek usaha melestarikan bahan pustaka, keuangan, ketenagaan, metode dan teknik, dan perbaikan. Sedangkan menurut Lasa Hs (2009:180) dalam bukunya Kamus Besar Kepustakawanankonservasi dapat diartikan kebijakan dan kegiatan yang mencakup melindungi bahan pustaka dari kerusakan. Kegiatan ini mencakup metode dan teknik yang digunakan dan dilakukan oleh teknisi. Sedangkan menurut IFLA dalam bukunya Martoatmodjo (2010:1.1) pengawetan (conservation) adalah kebijakan dan cara khusus dalam melindungi bahan pustaka dan arsip untuk kelestarian koleksi tersebut. Masih ada satu lagi kegiatan yang berhubungan dengan preservasi dan konservasi yaitu restorasi atau yang artinya perbaikan. Tujuan pelestarian bahan pustaka menurut Karmidi Martoatmodjo (2010:1.6) dapat disimpulkan sebagai berikut menyelamatkan nilai informasi dokumen, menyelamatkan fisik dokumen, mengatasi kendala kekurangan ruang, mempercepat perolehan informasi, seperti dokumen yang tersimpan dalam CD (Compact Disc) sangat mudah untuk diakses, baik dari jarak dekat maupun jarak jauh sehingga pemakaian dokumen atau bahan pustaka menjadi lebih optimal. Dengan adanya kegiatan preservasi dan konservasi ini diharapkan agar bahan pustaka terutama koleksi cetak dapat terjaga kandungan informasinya dan dapat digunakan lebih lama.} }