%A NIM. 12220001 NIKI ASMOROWATI %O Drs. H Abdullah, M.Si %T BIMBINGAN KEMANDIRIAN PADA ANAK TUNAGRAHITA SLBE PRAYUWANA YOGYAKARTA %X NIKI ASMOROWATI (12220001), Bimbingan Kemandirian Pada Anak Tunagrahita SLB E Prayuwana Yogyakarta Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anaktunagrahita yang merupakan anak yang memiliki IQ dibawah rata-rata, yang mana anak tersebut dalam kesehariannya memerlukan bantuan orang lain untuk sekedar mengurus dirinya atau memiliki kesulitan dalam hal mengurus diri atau bina diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Metode Bimbingan Kemandirian Pada Anak Tunagrahita SLB E Prayuwana Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa tunagrahita yang memerlukan bimbingan kemandirian bina diri SLB E Prayuwana Yogyakarta, guru kelas dan guru BK. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bimbingan kemandirian yang digunakan adalah metode ceramah, metode demonstrasi serta metode eksperimen. Hasilnya untuk anak tunagrahita sudah mengalami banyak perubahan yaitu mau buang air besar dan air kecil di kamar mandi, mau menyiram setelah buang air besar dan kecil, bisa menggunakan baju berkancing sendiri serta mampu mengatakan jika ingin buang air besar dan kecil sehingga tidak buang air besar dan kecil dicelana. %K Bimbingan Kemandirian, Anak Tunagrahita. %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib21095