%0 Thesis %9 Skripsi %A SAIFUR ROHMAN, NIM. 12220020 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2016 %F digilib:21103 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Metode Bimbingan, Kemampuan Sosial %T METODE BIMBINGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK TKIT ULUL-ALBAB 1 BATOH BAYAN PURWOREJO %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21103/ %X SAIFUR ROHMAN (12220020). “ Metode Bimbingan Dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak TKIT Ulul-Albab 1 Batoh Bayan Purworejo”: Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah sosial anak berupa masalah kemampuan dalam berkomunikasi dengan orang lain, misalnya sulit memulai atau membuka pembicaraan, malu bertanya, masalah tingkahlaku, tata karma baik di lingkungan rumah, sekolah, maupun masyarkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode bimbingan yang digunakan guru kelas dalam meningkatkan kemampuan sosial anak TKIT Ulul-Albab 1 Batoh, Bayan, Purworejo. Subjek dalam penelitian ini adalah dua anak yang diberikan bimbingan agar kemampuan sosialnya meningkat, guru kelas dan orang tua anak. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk metode bimbingan yang dilakukan oleh guru kelas dalam meningkatkan kemampuan sosial anak TKIT Ulul-Albab 1 Batoh Bayan Purworejo, yaitu pertama, metode bimbingan kelompok yang meliputi program home room, karya wisata dan kegiatan kelompok. Kedua, metode individual meliputi konseling direktif dan konseling eklektik. Pelaksanaan penanganan yang dilakukan oleh guru kelas dalam meningkatkan kemampuan sosial anak TK yaitu AR dan HF sudah mengalami perkembangan. %Z Dr. Irsyadunnas, M.Ag