@phdthesis{digilib21104, month = {May}, title = {PERAN GURU DALAM MENANGGULANGI KEMALASAN ANAK BELAJAR AL-QURAN DI TPQ RAUDATUL JANNAH KALORAN TEMANGGUNG}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 12220021 SITI ROFIQOH}, year = {2016}, note = {Dr. Irsyadunnas, M.Ag}, keywords = {Peran Guru Dalam Menanggulangi Kemalasan Belajar Al-Quran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21104/}, abstract = {SITI ROFIQOH Peran Guru Dalam Menanggulangi Kemalasan Anak Belajar Al- Quran di TPQ Raudatul Jannah Kaloran Temanggung. Skripsi Program Bimbigan Konseling Islam, Falkutas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Motivasi anak yang masih kurang merupakan penyebab kurangnya semangat dalam belajar, guru sangat berperan penting dalam membantu dan mengarahkan sesuai permasalahan yang dihadapi oleh anak dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menanggulangi kemalasan anak dalam belajar membaca Al-Quran di TPQ Raudatul Jannah Kaloran Temanggung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif penelitian lapagangan subjek dalam penelitian ini adalah dua orang guru dan delapan anak didik. Obyeknya adalah peran guru dalam menanggulangi kemalasan anak belajar Al-Quran. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, obsevasi dan dokumentasi untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan kemudian dianalisis dan didiskripsikan ke dalam bentuk tulisan. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa peran guru dalam menanggulangi kemalasan belajar Al-Quran menggunakan delapan cara yaitu mendidik, mengajar, membimbing, menasehati, model, dan teladan pembawa cerita, aktor dan evaluator.} }