@phdthesis{digilib21108, month = {May}, title = {BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA DI SMA PIRI 1 YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 12220028 NADIDAH TWINDAYANINGRUM}, year = {2016}, note = {Slamet S.Ag., M.Si.}, keywords = {Percaya Diri, Bimbingan Kelompok.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21108/}, abstract = {NADIDAH TWINDAYANINGRUM, ?Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Percaya Diri Siswa di Sma Piri 1 Yogyakarta?. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunana Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi dari bimbingan kelompok yang diadakan di sekolah untuk membentu siswa menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dengan adanya bimbingan kelompok tersebut diharapkan siswa dapat meningkatkan percaya dirinya. Penerapan bimbingan kelompok dilatarbelakangi rendahnya rasa percaya diri siswa di sekolah. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah metode bimbingan kelompok yang digunakan dalam meningkatkan percaya diri siswa di SMA PIRI 1 Yogyakarta dan tahap-tahap pelaksanaan dalam bimbingan kelompok. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui metode apa yang cocok digunakan untuk meningkatkan percaya diri siswa dan untuk mengetahui tahap-tahap pelaksanaan dalam bimbingan kelompok. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengambil lokasi di SMA PIRI 1 Yogyakarta Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan mereduksi data yang didapat kemudian menyajikan data dengan mendreskripsikan/menguraikan kata dan membuat kesimpulan dari hasil tersebut. Hasil penelitian adalah layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan percaya diri siswa yaitu dengan metode teaching group, yang pada pelaksanaanya menggunakan empat tahap, tahap yang pertama yaitu tahap pembentukan, tahap kedua yaitu peralihan, tahap yang ketiga yaitu inti kelompok atau tahap kerja, tahap yang ke empat yaitu pengakhiran. Dengan adanya bimbingan kelompok siswa dapat mengenali potensi yang dimilikinya belajar mendiskusikan masalah dalam kelompok, dan menghargai pendapat masing-masing anggota kelompok, Sehingga siswa dapat lebih percaya diri.} }