%0 Thesis %9 Skripsi %A NADIDAH TWINDAYANINGSIH, NIM. 12220029 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2016 %F digilib:21110 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Upaya Guru Bimbingan dan Konseling, Mengatasi PelanggaranTata tertib %T UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI SISWA YANG MELANGGAR TATA TERTIB SEKOLAH DI SMA PIRI 1 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21110/ %X NADIDAH TWINDAYANINGSIH, (12220029) , Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Siswa Yang Melanggar Tata Tertib Sekolah Di Sma Piri 1 Yogyakarta. Perilaku siswa merupakan masalah yang sangat menarik untuk diteliti, karena hal ini berkaitan dengan kelangsungan siswa, disiplin diri dan prestasi yang mungkin diraih. Bimbingan dan konseling merupakan salah satu cara dalam mendapatkan pilihan-pilihan dan pemecahan untuk masalah-masalah yang terjadi pada siswa. Adapun masalah yang akan diungkap dalam penelitian ini adalah bentuk-bentuk pelanggaran tata tertib yang dilakukan siswa dan upaya yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi bentuk-bentuk pelanggaran tata tertib yang dilakukan siswa di SMA PIRI 1 yogyakarta Jenis penelitian ini adalah kualitatif, adapun penelitian ini berupaya mendeskripsikan bentuk-bentuk pelanggaran tata tertib sekolah dan upaya yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi bentuk-bentuk pelanggaran tata tertib sekolah yang dilakukan siswa SMA PIRI 1 Yogyakarta. Metode pengumpulan datanya adalah wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk-bentuk pelanggaran tata tertib sekolah meliputi terlambat datang ke sekolah, sering tidak masuk sekolah (membolos), membuat gaduh ketika proses pembelajaran berlangsung, meninggalkan kelas tanpa keterangan, izin keluar sekolah tetapi tidak kembali, aksesoris berlebihan bagi siswa putri. Adapun upaya yang dilakukan adalah bimbingan kelompok, konseling individu, konseling kelompok, konferensi kasus dan home visit. %Z Abror Sodik M.Si.