%0 Thesis %9 Skripsi %A DESI OKTAVIANA, NIM. 12220035 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2016 %F digilib:21112 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Prakerin, discovery strategy, dan mental vocation skill. %T IMPLIKASI DISCOVERY STRATEGY DALAM MENGEMBANGKAN MENTAL VOCATION SKILL SISWA PRAKTIK KERJA INDUSTRI (STUDI TENTANG SISWA KELAS XI SMK KOPERASI YOGYAKARTA SEBAGAI BIMBINGAN KARIR) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21112/ %X DESI OKTAVIANA, “Implikasi Discovery Strategy dalam Mengembangkan Mental Vocation Skill Siswa Praktik Kerja Industri (Studi Tentang Kelas XI SMK Koperasi Yogyakarta), Prodi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan prakerin terdapat adanya discovery strategy dalam mengembangkan mental vocation skill siswa, dimana mereka menggunakan discovery menitiberatkan pada proses mental dan fisik dalam melaksanakan strategi tersebut. Kemudian mengetahui adanya implikasi yang terjadi dari pelaksanaan discovery strategy dalam mengembangkan mental vocation skill siswa prakerin. Penelitian ini bersifat kualitatif dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara yang mendalam sebagai alat pengumpul data.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI SMK Koperasi Yogyakarta yang sudah melaksanakan praktik kerja industri. Informan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang, dimana 3 orang tersebut memiliki prestasi tertinggi dikelasnya masingmasing. Kemudian diperkuat oleh pernyataan pembimbing prakerin dan guru BK. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pelaksanaan discovery strategy dalam mengembangkan mental vocation skill siswa prakerin cukup signifikan. Strategi tersebut diterapkan pada kegiatan praktik lapangan.Siswa prakerin diharuskan untuk terampil menggunakan segenap potensi sesuai dengan kompetensinya masingmasing. Dengan demikian diharapkan siswa prakerin bisa terampil dan produktif ketika memasuki dunia kerja dan mampu menghadapi kehidupan yang semakin menantang. %Z Dr. Casmini, M.Si.