TY - THES N1 - DR. H. M. SYAFIQ MAHMADAH HANAFI, S.Ag., M.Ag ID - digilib21120 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21120/ A1 - UMMI KHOLIFAH, NIM. 09390149 Y1 - 2016/03/31/ N2 - Suatu perencanaan strategi yang tepat merupakan hasil dari pengukuran kinerja perusahaan yang komprehensif. Pengukuran kinerja terhadap suatu perusahaan sangat penting dilakukan untuk evaluasi kinerja perusahaan dan mengembangkan perusahaan. Pada hal ini BAZNAS Kota Yogyakarta harus mampu meningkatkan kualitas kinerja perusahaan secara terus menerus dan dapat mengembangkan perusahaan. Salah satunya dengan cara memiliki alat ukur kinerja yang menyeluruh yaitu alat ukur kinerja yang tidak hanya mengukur dari aspek keuangan saja, akan tetapi mempertimbangkan aspek non keuangan. Penerapan metode Balance Scorecard pada suatu perusahaan dapat mengukur dengan tetap mempertimbangkan kepentingan masa yang akan datang terhadap kegiatan yang dijalankan dengan penciptaan nilai saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja BAZNAS Kota Yogyakarta berdasarkan empat perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian dilakukan di BAZNAS Kota Yogyakarta yang berlokasi di Jl. Kenari No.56 Yogyakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari observasi lapang dan wawancara dengan pihak perusahaan yang dinilai memiliki peranan yang besar dalam pengambilan keputusan. Sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari studi literatur melalui buku, jurnal, skripsi, data perusahaan, dan data publikasi lainnnya. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk data kualitatif, sedangkan data kuantitatif menggunakan pendekatan rata-rata, rasio, tabulasi silang dan paired comparison serta dibantu program Microsoft Excel. Hasil kinerja BAZNAS Kota Yogyakarta tahun 2013 pada tiap perspektif BSC dapat dilihat dari pencapaian targetnya. Kinerja perspektif keuangan BAZNAS Kota Yogyakarta berada pada kategori unggul yaitu berdasarkan hasil pencapaian target sebesar 129,94 persen. Begitu pula dengan kinerja perspektif pelanggan dan proses bisnis internal yang memiliki nilai pencapaian target masing-masing sebesar 98,89 persen dan 100 persen. Sedangkan pencapaian target perspektif pembelajaran dan pertumbuhan hanya sebesar 80 persen. Berdasarkan total skor kinerja dari seluruh perspektif, yaitu 99,06 persen, maka dapat disimpulkan bahwa kinerja BAZNAS Kota Yogyakarta pada tahun 2013 termasuk dalam kategori unggul. Perspektif keuangan memberikan kontribusi terbesar dengan skor 44,87 persen, menyusul perspektif pelanggan dengan skor 21,79 persen. Sedangkan untuk perspektif proses bisnis internal serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan hanya memberikan kontribusi masingmasing sebesar 18 persen dan 14,4 persen. Hal ini menunjukkan bahwa BAZNAS Kota Yogyakarta harus lebih memperhatikan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, terutama terkait dengan kegiatan musyawarah kerja PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kinerja KW - Balance Scorecard KW - Badan Amil Zakat M1 - skripsi TI - ANALISIS KINERJA BADAN AMIL ZAKAT DENGAN METODE BALANCE SCORECARD (STUDI KASUS BAZNAS KOTA YOGYAKARTA) AV - restricted EP - 100 ER -