@phdthesis{digilib21134, month = {May}, title = {LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI EMOSI NEGATIF SISWA TUNANETRA DI MAN MAGUWOHARJO}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 12220094 UTIK MUKAROMAH}, year = {2016}, note = {A. Said Hasan Basri, S Psi., M. Si.}, keywords = {Konseling Individu, Emosi Negatif Siswa Tunanetra.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21134/}, abstract = {UTIK MUKAROMAH, ?Layanan Konseling Individu dalam Mengatasi Emosi Negatif Siswa Tunanetra di MAN Maguwoharjo?. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Siswa tunanetra cenderung memiliki berbagai masalah yang berhubungan dengan masalah psikologi, pribadi, sosial maupun emosi. Masalah-masalah lain yang sering muncul dan dihadapi dalam perkembangan emosi anak tunanetra ialah ditampilkannya gejala-gejala emosi yang tidak seimbang atau pola-pola emosi yang negatif dan berlebihan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif, dengan mengambil lokasi di MAN Maguwoharjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis emosi negatif siswa tunanetra dan metode layanan konseling individu yang digunakan oleh guru BK di MAN Maguwoharjo. Subyek dalam penelitian ini adalah dua orang siswa tunanetra yang memiliki emosi negatif, dua guru BK MAN Maguwoharjo dan dua siswa normal yang berteman dengan siswa tunanetra, sedangkan obyek penelitian ini adalah layanan konseling individu yang ada di MAN Maguwoharjo dalam mengatasi emosi negatif siswa tunanetra dan jenis-jenis emosi negatif siswa tunanetra di MAN Maguwoharjo. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi, teknik triangulasi yang digunakan adalah pemeriksaan melalui sumber lain. Analisis data yang digunakan menggunakan teori Milles dan Huberman mulai dari mereduksi data yang didapat kemudian menyajikan data ke dalam pola dan membuat kesimpulan dan verifikasi hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat jenis-jenis emosi negatif yang dialami oleh siswa tunanetra di MAN Maguwoharjo, yaitu emosi marah, emosi sedih, emosi takut dan emosi benci, sedangkan metode konseling individu yang digunakan adalah metode konseling direktif dan metode konseling eklektif.} }