@phdthesis{digilib21165, month = {June}, title = {MANAJEMEN KURIKULUM TA{\d H}S{\=I}N AL-QUR`{\=A}N (Studi Kasus Pada Pengembangan Kepribadian Dan Ta{\d h}s{\=i}n al-Qur`{\=a}n Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Periode 2015)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 12490004 AFIF SALIM FUAD}, year = {2016}, note = {Drs. M. Jamroh Latief, M.Si.}, keywords = {Manajemen Kurikulum, Ta{\d h}s{\=i}n al-Qur`{\=a}n, PKTQ.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21165/}, abstract = {Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa PKTQ memiliki peranan yang besar dalam memperbaiki bacaan Al-Qur`{\=a}n mahasiswa FITK. Adapun dalam pelaksananaannya terdapat permasalahan dalam manajemen kurikulumnya, khususnya dalam hal implementasi kurikulum Ta{\d h}s{\=i}n al-Qur`{\=a}n. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis terkait bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian kurikulum Ta{\d h}s{\=i}n al-Qur`{\=a}n PKTQ 2015. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar PKTQ FITK periode 2015. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan diverifikasi setelah itu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan kurikulum Ta{\d h}s{\=i}n al-Qur`{\=a}n dilakukan dengan menyusun tujuan dan sasaran program, menyusun materi dan metode, dan menyusun modul pembelajaran. (2) pengorganisasian kurikulum Ta{\d h}s{\=i}n al-Qur`{\=a}n dilakukan dengan menyusun silabus, menyusun panduan pembelajaran, dan menyusun master system kegiatan PKTQ 2015. (3) Pelaksanaan kurikulum Ta{\d h}s{\=i}n al-Qur`{\=a}n diawali dengan melakukan rekrutmen asisten, selanjutnya melakukan placement test peserta, melaksanakan Ta{\d h}s{\=i}n al- Qur`{\=a}n sesuai dengan silabus yang ada, dan melaksanakan ujian sertifikasi. (4) Hasil dari program Ta{\d h}s{\=i}n al-Qur`{\=a}n secara keseluruhan menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca al-Qur?an pada mahasiswa, namun penilaian kurikulum Ta{\d h}s{\=i}n al-Qur`{\=a}n yang dilakukan pengurus PKTQ belum mencakup penilaian terhadap komponen kurikulum yang lain seperti tujuan, materi, metode, media dan pelaksanaan Ta{\d h}s{\=i}n al-Qur`{\=a}n itu sendiri. Kata Kunci : Manajemen Kurikulum, Ta{\d h}s{\=i}n al-Qur`{\=a}n, PKTQ.} }