<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "HUBUNGAN ANTARA KEIKUTSERTAAN SISWA DALAM KEGIATAN BELAJAR MALAM DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs. MUHAMMADIYAH AL-MANAR DEMAK"^^ . " ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antara keikutsertaan siswa dalam kegiatan belajar malam dengan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs. Muhammadiyah Al-Manar Demak yang meliputi analisa tentang prestasi belajar siswa kelas VIII MTs. Muhammadiyah Al-Manar Demak, analisa tentang keikutsertaan siswa dalam kegiatan belajar malam serta analisa signifikansi hubungan antara keikutsertaan siswa dalam kegiatan belajar malam dengan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Al-Manar Demak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi lembaga sekolah dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan kegiatan belajar malam. \nPenelitian ini merupakan penelitian kuantitatif populatif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Muhammadiyah Al-Manar Demak tahun pelajaran 2007/2008 sebanyak 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 28 butir angket terbukti valid. Sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0.817 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi yang dilakukan dengan menggunakan rumus statistik product moment. \nHasil penelitian menunjukkan : 1) Prestasi belajar siswa kelas VIII MTs. Muhammadiyah Al-Manar Demak dapat digolongkan dalam tiga kategori. Siswa yang mendapat nilai baik ada 7 anak dengan prosesntase 25%. Siswa yang mendapat nilai cukup ada 16 anak dengan prosentase 57.1%. Siswa yang mendapat nilai kurang baik ada 5 anak dengan prosentase 17.9%. Dengan demikian prestasi siswa kelas VIII MTs. Muhammadiyah Al-Manar Demak kebanyakan mendapat nilai cukup baik. 2) Sikap siswa terhadap penerapan metode belajar malam dapat di golongkan dalam tiga kategori. Siswa yang bersikap positif berjumlah 3 anak dengan prosenstase 10.7%. siswa yang bersikap sedang berjumlah 20 anak dengan prosestase 71.4%. Dan yang bersikap negatif berjumlah 5 anak dengan prosentase 17.9%. Dengan demikian, sikap siswa kelas VIII MTs. Muhammadiyah Al-Manar Demak terhadap penerapan metode belajar malam adalah sedang atau cukup baik. 3) Ada korelasi positif yang sedang antara keikutsertaan siswa dalam kegiatan belajar malam dengan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs. Muhammadiyah Al-Manar Demak dengan angka korelasi sebesar 0.524. Hal ini berarti bahwa tinggi rendahnya sikap atau antusiasme siswa terhadap kegiatan belajar malam ada hubungannya dengan tinggi rendahnya prestasi belajar mereka. Mereka yang kurang antusias dalam kegiatan belajar malam akan lemah dalam prestasi belajarnya. Sebaliknnya, siswa yang memanfaatkan kegiatan belajar malam dengan antusiasme tinggi akan berimplikasi positif terhadap prestasi belajar mereka.. "^^ . "2009-05-08" . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "/S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . . " "^^ . "Miftahul Farid NIM. 0441 0801-03"^^ . " Miftahul Farid NIM. 0441 0801-03"^^ . . . . . "HTML Summary of #2117 \n\nHUBUNGAN ANTARA KEIKUTSERTAAN SISWA DALAM KEGIATAN BELAJAR MALAM DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs. MUHAMMADIYAH AL-MANAR DEMAK\n\n" . "text/html" . .