eprintid: 21173 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/11/73 datestamp: 2016-09-23 02:05:18 lastmod: 2016-09-23 02:05:18 status_changed: 2016-09-23 02:05:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Noviana Tri Kurniawati, NIM. 12490017 title: PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH MELALUI LESSON STUDY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAI DALAM MATA PELAJARAN IBADAH di SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN II KOTA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Supervisi Akademik, Kompetensi Guru PAI note: Drs. M. Jamroh Latief, M.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana Pelaksanaan Supervisi Akademik melalui Lesson Study dalam meningkatkan kompetensi guru mata pelajaran Ibadah di SD Muhammadiyah Karangkajen II. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah SD Muhammdiyah Karangkajen II, Guru mata pelajaran Ibadah di SD Muhammadiyah Karangkajen II Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di SD Muhammadiyah Karangkajen II Kota Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumnetasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Konsep supervisi akademik kepala sekolah di SD Muhammadiyah Karangkajen II Kota Yogyakarta yaitu menggunakan lesson study dalam upaya meningkatkan kompetensi guru PAI. (b) Proses pelaksanaan supervisi akademik di SD Muhammadiyah Karangkajen II dilakukan dalam beberapa langkah atau tahap-tahapan yang pertama, Plan (persiapan) yaitu guru mempersiapkan RPP. Kedua, Do (pelaksanaan) yaitu guru melaksanakan pembelajaran di dalam kelas seuai dengan RPP yang dibuat. Ketiga, see (refleksi) yaitu guru merefleksikan efektivitas pembelajaran kepada observer dan narasumber (c) Hasil dari pelaksanaan supervisi akademik mata pelajaran PAI melalui lesson study adalah meningkatnya kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Dalam upaya peningkatan mutu, kegiatan supervisi akademik tidak mengutamakan kesalahan guru agama khususnya di mata palajaran ibadah melainkan Kepala sekolah melakukan kegiatan supervisi akademik secara sungguh-sungguh, memotivasi guru serta memperbaiki kekurangannya dalam mengajar dan mengadakan pelatihan pembelajaran, mengirimkan perwakilan guru untuk mengikuti seminar, memperluas kepemimpinan partisipatif melalui rapat-rapat, mengembangkan budaya kerja dan mempersiapkan infrastruktur yang lebih baik. Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kompetensi Guru PAI date: 2016-06-14 date_type: published pages: 196 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: Fakultas Ilmu Taribiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Noviana Tri Kurniawati, NIM. 12490017 (2016) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH MELALUI LESSON STUDY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAI DALAM MATA PELAJARAN IBADAH di SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN II KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21173/1/12490017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21173/2/12490017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf