eprintid: 2118 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/21/18 lastmod: 2012-05-04 16:42:07 status_changed: 2012-05-04 16:42:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MIFTAKHUS SA’ADAH NIM. 0441 0729, title: PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMPN 2 BANDONGAN MAGELANG ispublished: pub full_text_status: none keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam note: Pembimbing : Drs. Rofik, M.Ag., abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui secara lebih dekat tentang pelaksanaan pembelajaran PAI Kelas VIII SMPN 2 Bandongan Magelang (2) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran PAI Kelas VIII SMPN 2 Bandongan Magelang (3) Mengetahui hasil dari pelaksanaan pembelajaran PAI Kelas VIII SMPN 2 Bandongan Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMPN 2 Bandongan Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Triangulasi sumber (mengamati data hasil pengamatan dengan hasil wawancara) dan metode (pengecekan derajat kepercayaan beberapa sumber data dengan metode yang sama). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan PAI di SMPN 2 Bandongan Magelang sudah dapat dikatakan terlaksana dengan baik karena mengacu pada kurikulum KTSP. Pedoman dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) juga sudah disesuaikan dengan kurikulum 2004 tersebut. Pelaksanaan pembelajaran PAI di SMPN 2 Bandongan Magelang terangkat dari komponen-komponen yang terdiri atas: tujuan, materi, siswa, guru, metode, media, evaluasi dan lingkungan. Masing-masing komponen memiliki fungsi tersendiri yang mana keseluruhan komponen tersebut saling bekerja bersamasama guna mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran yang telah ditetapkan, yaitu mencetak generasi Muslim yang ber-tafaqqun fiddin, bertaqwa, berpengetahuan luas dan berakhlak mulia. (2) Faktor pendukung keberhasilan PAI berasal dari faktor lingkungan pendidikan, guru dan siswa. Sedangkan faktor penghambatnya berasal dari siswa, keadaan ekonomi siswa dan sarana prasarana. (3) Hasil yang dicapai dalam pelaksanaan pembelajaran PAI di SMPN 2 Bandongan Magelang yang dicapai oleh siswa kelas VIII dalam aspek fiqh memiliki rata-rata 70, dengan kategori lebih dari cukup. date: 2009-05-08 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2009-05-08 15:40:12 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--miftakhuss-1822-1-miftakhu-g.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/37/digilib-uinsuka--miftakhuss-1822-1-miftakhu-g.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2196 ; nama file lama : MIFTAKHUS SAADAH 04410729 PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMPN 2 BANDONGAN MAGELANG.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1409373 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2009-05-08 15:40:12 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--miftakhuss-1822-1-miftakhu-g.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/37/digilib-uinsuka--miftakhuss-1822-1-miftakhu-g.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2196 ; nama file lama : MIFTAKHUS SAADAH 04410729 PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMPN 2 BANDONGAN MAGELANG.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1409373 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: MIFTAKHUS SA’ADAH NIM. 0441 0729, (2009) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMPN 2 BANDONGAN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.