%0 Thesis %9 Skripsi %A ERVIANA, NIM. 12210118 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2016 %F digilib:21206 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K strategi penayangan, program, penonton %T STRATEGI PENAYANGAN PROGRAM SENTUHAN QOLBU TVRI D.I.YOGYAKARTA DALAM MENARIK PENONTON %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21206/ %X Dunia pertelevisian merupakan industri kreatif yang semakin banyak diminati, persaingan antar program acara televisi semakin ketat mengingat banyaknya jumlah stasiun televisi yang mengalami peningkatan. Hal tersebut membuat strategi dan kreatifitas yang menarik, digunakan dalam upaya mempertahankan sebuah program acara agar dapat menarik minat menonton pemirsa. Salah satu program acara milik televisi TVRI Stasiun D.I.Yogyakarta yakni program acara Sentuhan Qolbu yang mampu bertahan lama, menjadi salah satu objek ketertarikan untuk diteliti. Penelitian ini memfokuskan pada strategi penayangan program dalam menarik minat menonton pemirsa melalui tinjauan strategi program dan strategi penayangan menurut Morissan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. Selanjutnya dilakukan proses analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi penayangan yang digunakan oleh produser program dan tim produksi bukanlah strategi asal-asalah, namun melaui rapat produksi, breafing, koordinasi, SOP dan evaluasi, selain itu strategi lainnya dapat dilihat dari peningkatan dan pembaharuan ide-ide kreatif untuk menarik penonton yang diterapkan di setiap episodenya. %Z Drs.Mokhammad Sahlan, M.Si.