TY - THES N1 - Nanang Mizwar Hasyim, S.sos., M.Si ID - digilib21214 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21214/ A1 - PUTRI ISMA INDRIYANI, NIM. 12210049 Y1 - 2016/05/28/ N2 - Televisi memiliki peran paling besar dalam realitas sosial saat ini. Program televisi yang dianalisis dalam penelitian ini adalah iklan televisi sampo Sunsilk Clean and Fresh versi Kepala Dingin Hati Sejuk, Juara Sunsilk Hijab Hunt 2015, dan Laudya Cynthia Bella. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh brand ambassador yang membintangi iklan tersebut semuanya menggunakan hijab. Disinilah terjadi pengalihan fungsi hijab dari nilai guna menjadi nilai tukar. Dalam iklan Sunsilk Clean and Fresh menjadikan hijab sebagai sebuah komoditas (nilai jual) dan kepentingan tertentu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian analisis isi kritis dengan pendekatan kualitatif. Analisis yang digunakan adalah semiotika menurut Charles Sanders Peirce. Data utama yang digunakan adalah video iklan sampo Sunsilk Clean and Fresh dan data pendukung yang digunakan adalah data-data yang diperoleh dari media massa seperti internet dan televisi yang relevan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yang diperoleh dari rekaman video iklan sampo Sunsilk Clean and Fresh. Setelah dilakukan analisis, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komodifikasi yang muncul pada iklan Sunsilk Clean and Fresh adalah komodifikasi konten yang terlihat dari tanda-tanda dan penggambaran cerita iklan tersebut. Penggunaan unsur hijab dalam iklan ini sangat kuat ketika dalam iklan tersebut memunculkan visualisasi yang menyerupai dengan realitas kehidupan masyarakat. Semua penggunaan hijab yang dikomodifikasikan menyebabkan adanya aspek agama yang diabaikan yakni dimana hijab sebagai perintah Allah digambarkan penggunaan hijab dalam iklan ini lebih mengarah pada segmentasi/tren populer saja. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Komodifikasi KW - Hijab KW - Iklan Televisi M1 - skripsi TI - KOMODIFIKASI HIJAB DALAM IKLAN SAMPO SUNSILK CLEAN AND FRESH DI TELEVISI AV - restricted ER -